Wednesday, 10 March 2021

KUNCI JAWABAN PEDAGOGIK PGSD PEMBELAJARAN 1 SAMPAI DENGAN 7 GURU BELAJAR MANDIRI SERI CALON GURU ASN PPPK

Kunci Jawaban Pedagogi SD pembelajaran 1 sampai dengan pembelajaran 7 guru belajar mandiri Seri calon ASN Guru PPPK.

Kunci jawaban review pembelajaran PGSD mata pelajaran IPS

Kunci jawaban review pembelajaran PGSD mata pelajaran IPA

Kunci jawaban review pembelajaran PGSD mata pelajaran Matematika

Kunci jawaban review pembelajaran PGSD mata pelajaran Bahasa Indonesia

Kunci jawaban review pembelajaran PGSD mata pelajaran PPKN

Kunci jawaban Pedagogik PGSD Pembelajaran 1-7

Materi dan modul PPPK PGSD

Latihan Soal sosiokultural PPPK

Latihan Soal Manajerial PPPK

Soal dan kunci jawaban try Out PGSD 

KUNCI JAWABAN PEDAGOGIK PGSD PEMBELAJARAN 1 SAMPAI DENGAN 7 GURU BELAJAR MANDIRI SERI CALON GURU ASN PPPK
KUNCI JAWABAN PEDAGOGIK PGSD PEMBELAJARAN 1 SAMPAI DENGAN 7 GURU BELAJAR MANDIRI SERI CALON GURU ASN PPPK

Kegiatan Pembelajaran 1

1. Apabila dalam proses belajar peserta didik melakukan sesuatu sampai dengan mendapatkan respon yang tepat dan sesuai dengan apa yang diinginkan serta menghilangkannya apabila dirasakan tidak sesuai, hal ini merupakan prinsip belajar dari ....

a. Conditioning

b. Trial and error

c. Konseptualisasi

d. Shaping

e. Stimulus respon

tips sukses ujian pppk dan cpns

2. Seluruh komponen pendidikan memiliki tujuan yang sama yaitu terbentuknya manusia yang ideal, manusia yang dicita-citakan, yaitu manusia yang mampu mencapai aktualisasi diri. Pernyataan tersebut merupakan bagian dari teori ....

a. Konstruktivistik

b. Sibernetik

c. Humanistik

d. Behavioristik

e. Kognitivistik

MATERI GURU BELAJAR SERI BELAJAR MANDIRI CALON GURU ASN PPPK

3. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar....

a. Konstruktivistik

b. Behavioristik

c. Sibernetik

d. Humanistic

e. Kognitivistik

KUNCI JAWABAN REVIEW PEMBELAJARAN PKN SD 

KUNCI JAWABAN REVIEW PEMBELAJARAN MATETIKA SD

KUNCI JAWABAN REVIEW PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SD


4. Contoh penerapan teori behavioristik yang dapat dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran adalah....

a. Memberikan penjelasan pengetahuan baru

b. Memberikan stimulus kepada peserta didik berupa penataan lingkungan belajar

c. Membimbing siswa dalam memperoleh pengetahuan baru

d. Menyediakan atau memberikan kegiatan-kegiatan yang merangsang keingintahuan siswa dan membantu mereka kengekspresikan gagasannya

e. Memahami tahap-tahap perkembangan peserta didik dan menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan tahap tersebut


5. Teori belajar yang mengutamakan perubahan tingkah laku pada individu yang belajar dengan mengutamakan hubungan stimulus dan respon merupakan teori belajar....

a. Kognitivistik

b. Behavioristik

c. Konstruktivistik

d. Humanistik

e. Rekonstruktivistik


6. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah....

a. Kemampuan berinteraksi

b. Kemampuan untuk mengintegrasikan diri

c. Kemampuan berkomunikasi

d. Kemampuan untuk memecahkan masalah

e. Kemampuan mengemukakan pendapat


7. Dibawah ini adalah tipe belajar menurut Habermas, kecuali ....

a. Belajar aktif

b. Belajar emansipatoris

c. Belajar teknis

d. Belajar konsep

e. Belajar praktis


8. Menurut Bruner, apabila seseorang memahami obyek-obyek atau dunianya melalui gambar-gambar dan visualisasi verbal dengan kata lain peserta didik belajar melalui bentuk perumpamaan atau perbandingan, hal ini merupakan tahapan dari......

a.Intuitif

b.Enaktif

c.Konflik

d.Ikonik

e.Simbolik


9. Pada tahap konseptualisasi, kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik adalah.....

Select one:


a.Mampu memecahkan masalah

b.Mampu memahami sebuah kejadian

c.Mampu mengalami sebuah kejadian

d.Mampu memahami permasalahan

e.Mampu membuat peraturan


Kegiatan Pembelajaran 2

1. Perkembangan kognitif peserta didik Sekolah Dasar berada pada taraf ?operasional kongkrit, sehingga mereka merasa kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan gurunya secara verbal saja. Proses pembelajaran tersebut akan efektif jika disertai dengan menggunakan:

a.Media grafis

b.Media cetak

c.Media poster

d.Media gambar

e.Media benda nyata


2. Peserta didik dalam suatu kelas gaya belajarnya beragam ada yang visual, auditori, dan kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran selama ini masih banyak yang konvensional-klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga gaya belajar tersebut, guru perlu:

a.Menggunakan program audio dan modul.

b.Menggunakan media komik pembelajaran dan buku paket.

c.Menggunakan media audio, video, dan percobaan.

d.Menggunakan modul dan powerpoint.

e.Menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab.


3. Pak Adit seorang guru SMP X, ketika melakukan proses pembelajaran menghadapi peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh, dan pegawai swasta. Namun Pak Adit memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Adit memperhatiakan karakteristik peserta didik terutama:

a.Minat

b.Status social

c.Etnik

d.Motivasi

e.Kultural


4. Pada suatu proses pembelajaran yang kebetulan hari itu bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, guru sebelumnya telah menghimbau kepada peserta didik untuk mengenakan busana daerah masing-masing. Tindakan guru tersebut memperhatikan karakteristik peserta didik, terutama aspek:?

a.Status Sosial

b.Minat

c.Moral

d.Motivasi

e.Etnik


5. Pak Aris merupakan guru kelas V SD ketika memberikan pembelajaran menyanyi/musik, memilih lagu-lagu dari asal daerah peserta didiknya. Tindakan guru tersebut karena memperhatikan karakteristik peserta didik terutama: ?

a.Etnik

b.Status social

c.Kultural

d.Minat


6. Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengingatkan peserta didik yang kurang semangat dan kurang aktif dalam belajar. Tindakan guru tersebut berarti memperhatikan aspek:?

a.Sosial

b.Motivasi

c.Etnik

d.Status sosial

e.Kultural


7. Pada suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak peserta didik akan dikembangkan aspek motorik kasarnya, maka pendidik dapat menugaskan peserta didiknya untuk melakukan kegiatan:

a.Meronce membuat kalung

b.Menendang bola

c.Menjiplak huruf

d.Mewarnai pola

e.Memasangpuzzle


8. Perkembangan moral peserta didik/anak menurut Kohberg terdiri dari beberapa tahap. Tahap naively egoistic orientation, yaitu tahap dimana anak menilai baik-buruk berdasarkan:

a.Kontrak/imbal jasa

b.Ketertiban sosial

c.Persetujuan orang lain

d.Hati nurani

e.Akibat perbuatan


9. Guru A ketika melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media, kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD audio, kadang menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran dilakukan demikian karena pertimbangan:

a.Etnik peserta didik

b.Gayabelajarpesertadidik

c.Gender peserta didik

d.Minat peserta didik

e.Kultural peserta didik


10.Pak Anton ketika akan melakukan kegiatan pembelajaran dengan topik Tata Surya melakukan pre tes terlebih dahulu, dengan maksud ingin mengetahui pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki peserta didiknya sebagai patokan untuk memulai pembahasan topik tersebut. Hal ini berarti Pak Anton memperhatikan karakteristik peserta didik dalam hal:

a.Motivasi belajarnya

b.Perkembangan motoriknya

c.Kemampuan awalnya

d.Perkembangan emosinya

e.Perkembangan sosialnya


Kegiatan Pembelajaran 3

1. Indikator kunci dari kompetensi dasar “Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar” adalah ….

a.menguji hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar

b.mengklasifikasi tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar

c.menjelaskan tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar

d.menganalisis hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar


2. Manakah diantara pernyataan berikut yang merupakan indikator pengayaan dari Kompetensi Dasar “Menganalisisperan ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa”?

a.Membandingkan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.

b.Mengklasifikasi peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.

c.Menjelaskan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang budaya.

d.Merasionalkan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.


3. Salah satu proses kognitif adalah “menganalisis” yang maknanya adalah ....

a.menempatkan unsur-unsur secara bersama-sama untuk membentuk keseluruhan secara koheren atau fungsional

b.membangun arti dari proses pembelajaran, termasuk komunikasi lisan, tertulis dan gambar

c.melakukan atau menggunakan prosedur di dalam situasi yang tidak biasa

d.memecah materi ke dalam bagian-bagian dan menentukan bagaimana bagian-bagian itu terhubungkan antar bagian


4. Keterampilan berpikir tingkat tinggi memiliki beberapa aspek. Pemahaman bahwa keterampilan untuk dapat memecahkan masalah yang muncul pada kehidupan sehari-hari merupakan bagian dari aspek keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai..

a.creative thinking

b.problem solving

c.critical thinking

d.transfer knowledge


5. Strategi guru saat peserta didik belum siap melakukan keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah....

a.tetap melakukan aktivitas dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi

b.merubah perencanaan disesuaikan dengan kemampuan siswa

c.membangun skemata dari pengetahuan awal yang telah diperoleh sebelumnya dengan pengetahuan baru yang akan diajarkan

d.membentuk kelompok siswa dengan kemampuan yang heterogen


6. Pada pendidikan abad ke-21, kompetensi Collaboration sangat penting karena peserta didik dapat....

a.bekerja sama dalam sebuah kelompok dalam memecahkan permasalahan yang ditemukan

b.menghasilkan, mengembangkan, dan mengimplementasikan ide-ide mereka secara kreatif baik secara mandiri maupun berkelompok

c.mengomunikasikan ide-ide dan gagasan secara efektif menggunakan media lisan, tertulis, maupun teknologi

d.mengidentifikasi, menganalisis, menginterpretasikan, dan mengevaluasi bukti-bukti, argumentasi, klaim dan data-data yang tersaji secara luas melalui pengkajian secara mendalam, serta merefleksikannya dalam kehidupan sehari-hari


7. Rumusan indikator kunci untuk kompetensi dasar “Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar,” adalah..

a.menjelaskan jaring-jaring makanan

b.menggeneralisasi hubungan antar komponen ekosistem

c.menelaah hubungan antar komponen ekosistem

d.menyebutkan pengertian ekosistem


Kegiatan Pembelajaran 4

1. Manakah soal yang memenuhi kriteria HOTS untuk stimulus berikut?

a.Apakah peran burung elang dalam suatu rantai makanan?

b.Hewan apa yang berperan sebagai konsumen tingkat I?

c.Sawi dan bunga sepatu berperan sebagai apa?

d.Jika ulat menurun drastis, apa yang terjadi pada burung elang?


2. Salah satu aktivitas menjawab pertanyaan atau membuktikan benar tidaknya hipotesis merupakan sintaks Discovery Learning yang.......

a.pembuktian (Verification)

b.pengolahan data (Data Processing)

c.pernyataan/Identifikasi masalah (Problem Statement)

d.pengumpulan data (Data Collection)


3. Peserta didik diminta untuk menyebutkan nama tumbuhan yang ada di sekolah. Aktivitas pembelajaran tersebut masuk ke dalam dimensi pengetahuan.......

a.konseptual

b.prosedural

c.faktual

d.metakognitif


4. Salah satu sintaks Problem Based Learning adalah mengorganisasikan peserta didik untuk belajar. Contoh aktivitas pembelajarannya adalah.......

a.kelompok melakukan diskusi untuk menghasilkan solusi pemecahan masalah

b.siswa melakukan penyelidikan (mencari data/referensi/sumber untuk bahan diskusi)

c.siswa berdiskusi dan membagi tugas untuk mencari data/bahan-bahan/alat yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah

d.kelompok mengamati dan memahami masalah yang disampaikan guru atau yang diperoleh dari bahan bacaan


5. Perhatikan cuplikan berita di bawah ini! Manakah pertanyaan yang merupakan soal HOTS berdasarkan teks di atas?

a.Apa yang dilakukan para relawan?

b.Mengapa siswa di Maros harus berjuang untuk pergi ke sekolah?

c.Jika Anda seorang kepala desa, apa yang akan anda lakukan?

d.Apakah pemerintah sudah turun tangan dalam menangani masalah ini?


6. Manakah indikator yang sesuai untuk soal berikut?

a.Disajikan diagram data penjualan beras, siswa dapat menentukan banyaknya beras yang terjual pada hari Rabu.

b.Disajikan diagram data penjualan beras, siswa dapat menentukan pencapaian penjualan beras tertinggi.

c.Disajikan diagram data penjualan beras, siswa dapat menentukan banyaknya beras yang terjual pada hari Kamis.

d.Disajikan diagram penjualan sembako, siswa dapat menentukan banyaknya sembako yang terjual selama lima hari.


7. Aktivitas pembelajaran pada model Project Based Learning pada sintaks mendesain perencanaan produk adalah.......

a.membahas kelayakan proyek yang telah dibuat dan membuat laporan produk/karya untuk dipaparkan kepada orang lain

b.peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas, persiapan alat, bahan, media, sumber yang dibutuhkan

c.peserta didik melakukan pembuatan proyek sesuai jadwal, mencatat setiap tahapan, mendiskusikan masalah yang muncul selama penyelesaian proyek dengan guru

d.peserta didik menyusun jadwal penyelesaian proyek dengan memperhatikan batas waktu yang telah ditentukan


8. Kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik yang diawali dengan pemberian rangsangan, mengajak peserta didik daam mengidentifikasi masalah, melakukan pengumpulan data dan mengolah data sehingga mampu memberikan pembuktian dan menarik simpulan. Model yang tepat digunakan untuk kegiatan pembelajaran diatas adalah.......

a.Project Based learning

b.Problem Based learning

c.Discovery Learning

d.Inquiry Learning


9. Untuk menilai siswa dalam memahami paragraf, guru meminta siswa menuliskan kembali dengan menggunakan kalimatnya sendiri. Teknik penilaian apakah yang sebaiknya dilakukan?

a.Tes tertulis

b.Penilaian praktik

c.Tes lisan

d.Penilaian produk


Kegiatan Pembelajaran 5

1. Indikator keterampilan komunikasi melalui presentasi hasil kerja ilmiah yang dilakukan oleh siswa dapat diukur melalui aspek-aspek di bawah ini, yaitu …

a.Siswa melakukan praktikum percobaan di kelompok

b.Siswa bekerja sama mendiskusikan temuan di lapangan

c.Siswa mengumpulkan bukti-bukti hasil pengamatannya

d. Siswa mengungkapkan data yang diperoleh dari pengamatan


2. Merancang pertanyaan-pertanyaan dalam proses pembelajaran yang bertujuan memotivasi siswa untuk tetap menaruh perhatian pada pelajaran, dan mengontrol siswa tetap fokus pada pelajaran, sebaiknya dibuat/disusun dalam Rencana Program Pembelajaran pada bagian ….

a.Kegiatan pendahuluan

b.Kegiatan Evaluasi

c.Kegiatan Inti

d.Tujuan Pembelajaran


3. Contoh pesan non verbal yang terjadi pada proses pembelajaran di kelas yaitu …

a.Guru memberikan instruksi dengan tegas supaya siswa tidak bekerja sama dalam mengerjakan ujian

b.Siswa bertanya langsung tentang materi pelajaran yang tidak dimengerti

c.Guru memberikan “standing applause” kepada kelompok yang presentasi hasil kerjanya bagus

d.Siswa menanggapi langsung pertanyaan dari guru yang ditujukan kepadanya


4. Perhatikan kata (istilah) “likuid” dalam pebelajaran IPA, dengan kata (istilah) “likuid”/”likuiditas” dalam pembelajaran IPS. Istilah tersebut  memiliki arti yang berbeda dengan konteks masing-masing. Kesalahan memahami suatu istilah dapat menghambat dalam proses komunikasi pembelajaran. Hambatan ini biasa disebut ….

a.Hambatan lisan

b.Hambatan personal

c.Hambatan budaya

d.Hambatan semantik


5. Seorang guru menyampaikan materi pembelajaran secara langsung melalui aplikasi video conferences yang diikuti oleh siswa secara terpisah. Komunikasi yang terjadi pada kasus tersebut adalah …

a.Komunikasi langsung satu arah (one way direct communication)

b.Komunikasi media massa (mass media communicatin)

c.Komunikasi langsung bermedia (mediated direct communination)

d.Komunikasi media internet (internet media communication)


6. Secara sederhana komunikasi dikatakan efektif apabila pesan yang disampaikan oleh pengirim sama maknanya dengan pesan yang ditangkap dan dipahami oleh penerima. Diagram yang menunjukkan komunikasi efektif adalah....

a.Perception -----> interpretation --------> action -------> understanding

b.Action --------> understanding Perception -----> interpretation

c.Perception -----> interpretation --------> understanding -------> action

d.Action ----perception -----> interpretation --------> understanding


7. Pertanyaan yang bertujuan untuk memunculkan minat dan keingintahuan peserta didik sehingga perhatian peserta didik terfokus sebaiknya dilakukan pada saat ….

a.pendahuluan

b.refleksi

c.penutup

d.kegiatan inti


8. Komunikasi itu merupakan proses simbolik. Pernyataan ini merupakan …

a.Tujuan komunikasi

b.Bentuk komunikasi

c.Prinsip komunikasi

d.Istilah komunikasi


9. Lima hal yang perlu diperhatikan guru dalam membangun iklim komunikasi yang positif dengan peserta didik yaitu ....

a.Respect, emphaty, audible, seriousness, dan preparedness

b.Respect, emphaty, audible, clarity, dan preparedness

c.Respect, sympaty, audible, clarity, dan humble

d.Respect, emphaty, audible, clarity, dan humble


10.Salah satu kelebihan komunikasi yang dilakukan secara langsung dan tatap muka (direct communication) adalah …

a.Komunikator akan mudah memprediksi respon yang terjadi pada komunikan

b.Komunikator dan komunikan bisa saling menyapa langsung

c.Komunikator dan komunikan dapat mengatur topik yang akan dibicarakan

d.Komunikator dan komunikan mengetahui respon secara langsung pada saat komunikasi berlangsung

11.Dari pernyataan di bawah ini, pernyataan manakah yang kurang tepat untuk menjelaskan tentang komunikasi yang efektif?

a.Komunikasi efektif dapat terjadi apabila komunikator menyampaikan pesan hanya secara linear kepada komunikan dengan maksud untuk merubah tingkah laku.

b.Komunikasi dikatakan efektif apabila terdapat kesepahaman antara komunikator dan komunikan terhadap makna isi pesan yang disampaikan.

c.Komunikasi efektif adalah komunikasi yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain dimana respons atau efek yang terjadi pada komunikan sesuai dengan tujuan komunikator

d.Komunikasi dikatakan efektif apabila pesan yang disampaikan oleh pengirim sama maknanya dengan pesan yang ditangkap dan dipahami oleh penerima


12.Hal yang tidak termasuk ke dalam jenis komunikasi non verbal adalah …

a.Intonasi suara

b.Bahasa yang digunakan

c.Gerakan tubuh

d.Ekepresi wajah


Kegiatan Pembelajaran 6 

1. Langkah pertama yang harus diperhatikan dalam kegiatan perencanaan penilaian sikap adalah .....

a.menentukan skala pengukuran

b.menentukan sikap yang akan dikembangkan

c.menentukan spesifikasi instrumen

d.menentukan indikator


2. Berikut yang bukan termasuk kegiatan perencanaan pada prosedur penilaian pengetahuan adalah

a.pemetaan KD muatan pelajaran

b.merancang instrumen penilaian

c.menetapkan bentuk dan teknik penilaian

d.menyusun bank soal


3. Di antara pernyataan berikut yang benar adalah ....

a.Penilaian diri dan antar teman dilakukan sewaktu-waktu sesuai keinginan guru

b.Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan setiap pembelajaran berlangsung

c.Penilaian diri dan penilaian antar teman dinilai bersama dengan hasil observasi guru

d.Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan jika diperlukan untuk validitas data observasi guru


4. Pak Akhmad sedang melaksanakan diagnostik kesulitan belajar untuk beberapa siswanya. Salah satu langkahnya adalah menganalisis lembar jawaban ulangan untuk mengetahui jumlah jawaban benar dan salah. Cara ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan belajar mereka. Tindakan Pak Akhmad tersebut merupakan langkah....

a.memperkirakan tindakan

b. identifikasi kasus

c.memperkirakan penyebab

d.identifikasi masalah


5. Definisi penilaian adalah ....

a.kegiatan dalam meningkatkan kualitas, kinerja, atau produktivitas suatu lembaga dalam melaksanakan programnya

b.prosedur yang sistematis untuk mengumpulkan informasi yang dapat digunakan untuk membuat kesimpulan tentang karakteristik orang atau objek

c.menentukan atau menyusun alat ukur, dalam hal ini instrumen pengukuran dan bagaimana mengukurnya

d.kegiatan penentuan angka bagi suatu objek secara sistematik


6. Penilaian dalam proses pembelajaran berfungsi sebagai alat untuk mendeteksi kesulitan belajar, merupakan pengertian dari ....

a.assessment to learning

b.assessment of learning

c.assessment for learning

d.assesment as learning


7. Berikut yang bukan termasuk kegiatan perencanaan pada prosedur penilaian pengetahuan adalah

a.menyusun bank soal

b.menetapkan bentuk dan teknik penilaian

c.pemetaan KD muatan pelajaran

d.merancang instrumen penilaian


Kegiatan Pembelajaran 7

1. Perkembangan dipengaruhi oleh faktor pembawaan, kematangan dan lingkungan, sehingga terjadi keragaman individual. Keragaman individual peserta didik dalam kecakapan potensial harus menjadi pertimbangan bagi guru dalam...

a. merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman pengetahuan peserta didik

b. merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman prestasi belajar peserta didik

c. merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman tingkat kecerdasan peserta didik

d. merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman kematangan peserta didik


2. Pak Akhmad sedang melaksanakan diagnostik kesulitan belajar untuk beberapa siswanya. Salah satu langkahnya adalah menganalisis lembar jawaban ulangan untuk mengetahui jumlah jawaban benar dan salah. Cara ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan belajar mereka. Tindakan Pak Akhmad tersebut merupakan langkah...

a. memperkirakan penyebab

b. identifikasi masalah

c. memperkirakan tindakan

d. identifikasi kasus


3. Di kelas Bu Rani, ada beberapa anak yang lebih suka menyendiri, sedikit memiliki teman, kurang mampu berkomunikasi, dan kurang mampu bekerja sama. Ciri-ciri perilaku peserta didik tersebut menunjukkan kecenderungan memiliki...

a. keterampilan sosial yang rendah

b. keterampilan sosialisasi yang rendah

c. kemampuan menghargai diri yang rendah

d. kemampuan berkomunikasi yang rendah


4. Bu Ani bermaksud mengembangkan kemampuan berpikir kreatif melalui curah gagasan dengan kantong ide. Setiap siswa membawa kantong ide berisi satu benda, kemudian kantong ide ditukar dengan temannya. Tugas siswa adalah memberikan kata sebanyak mungkin terkait benda yang ada di kantong ide tersebut. Cara yang digunakan Bu Ani dapat mengembangkan keterampilan berpikir...

a. konvergen

b. divergen

c. logis

d.  vertical


5. Salah satu tahap diagnostik kesulitan belajar adalah tahap diagnosis analitik. Pada tahap ini biasa digunakan tes diagnosis atau tes prestasi belajar. Tujuan dari tahap diagnosis analitis adalah untuk mengidentifikasi masalah yaitu untuk mengetahui...

a. jenis kesulitan belajar yang dialami anak

b. faktor penyebab kesulitan belajar anak

c. letak kelemahan-kelemahan itu terjadi

d. menandai anak yang mengalami kesulitan belajar


6. Dicky tidak disukai oleh teman-temannya karena memiliki sikap kurang menghargai orang lain, suka berbicara kasar, agresif dan suka mengganggu orang lain. Bedasarkan ciri-ciri perilaku tersebut diduga status hubungan sosial Dicky termasuk...

a. anak yang ditolak

b. anak yang diabaikan

c. anak yang kontroversial

d. anak yang diterima


7. Pembelajaran sebaiknya dilakukan dari materi sederhana ke kompleks, mudah ke sulit, dan diorganisasikan agar terlaksananya prinsip belajar tuntas dan maju berkelanjutan. Hal ini merupakan implikasi pendidikan dari prinsip/ hukum perkembangan...

a. perkembangan berlangsung secara bertahap

b. keragaman dalam irama perkembangan

c. awalnya differensiasi akhirnya integrasi

d. variasi dalam tempo perkembangan


8. Ibu Fatimah merancang pembelajaran dengan mempertimbangkan karakteristik kemampuan dasar anggota kelompok. Hal yang dilakukan oleh Ibu Fatimah merupakan implementasi pendidikan dari prinsip perkembangan, yaitu...

a.perkembangan bersifat maju berkelanjutan

b.variasi dari tempo dan irama perkembangan

c.pola perkembangan memiliki keragaman

d.perkembangan berproses secara bertahan


9. Setiap anak memiliki potensi kreatif meskipun dalam tingkatan yang berbeda. Namun kreativitas berkembang karena faktor lingkungan. Apabila akan mengembangkan kreativitas siswa, maka guru hendaknya merancang pembelajaran yang kondusif. Pembelajaran yang dapat memfasilitasi berkembangnya kreativitas anak adalah...

a.demokratis dan permisif 

b.demokratis dan sesuai bakat 

c.fleksibel dan sesuai bakat

d.fleksibel dan permisif


10.Salsabila yang duduk di kelas 2 SD menunjukkan prestasi belajar yang rendah hampir di semua bidang studi dan jarang dapat menyelesaikan tugas sesuai waktu yang telah ditentukan. Namun Salsabila mempunyai catatan kehadiran, kerajinan, dan ketekunan yang bagus, serta sikap belajar yang positif. Faktor penyebab kesulitan belajar Salsabila diperkirakan pada...

a.bakat siswa yang rendah

b.motivasi belajar yang kurang baik

c.minat belajar yang kurang baik

 d.tingkat kecerdasan yang rendah



5 comments:

Unknown said...

terimakasih,sangat membantu dalam belajar

Unknown said...

Terimakasih, ini sangat membantu saya dalam belajar

Erni Apriani said...

Terima kasih , Alhamdulillah belajar jadi lebih mudah

Unknown said...

Terimah kasih sangat membantu untuk belajar

Unknown said...

Terima kasih pak sangat membantu