Kunci jawaban riviu pembelajaran PGSD mata pelejaran PKN seri guru belajar mandiri calon guru ASN PPPK
Kunci jawaban review pembelajaran PGSD mata pelajaran IPS
Kunci jawaban review pembelajaran PGSD mata pelajaran IPA
Kunci jawaban review pembelajaran PGSD mata pelajaran Matematika
Kunci jawaban review pembelajaran PGSD mata pelajaran Bahasa Indonesia
Kunci jawaban review pembelajaran PGSD mata pelajaran PPKN
Kunci jawaban Pedagogik PGSD Pembelajaran 1-7
Latihan Soal sosiokultural PPPK
Soal dan kunci jawaban try Out PGSD
1. Perhatikan perwujudan kepulauan nusantara di bawah ini :
(1) Bahwa ancaman terhadap satu daerah pada hakikatnya merupakan ancaman bagi seluruh bangsa dan negara.
(2) Bahwa tiap-tiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama di dalam pembelaan negara.
Dua pernyataan di atas merupakan perwujudan dari ....
a.Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan ideologi
b.Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan sosial budaya
c.Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan pertahanan keamanan
d.Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan politik
e.Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan ekonomi
2. Persatuan dan kesatuan bangsa yang menjadi modal utama untuk mempertahankan NKRI ternyata tidak selamanya berdiri kokoh. Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dalam perwujudannya sangat dinamis. Oleh karena itu, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa harus dilakukan. Berkaitan dengan hal tersebut, salah satu alasan pentingnya kita menjaga persatuan dan kesatuan bangsa adalah ...
a.persatuan dan kesatuan merupakan alat bagi bangsa Indonesia untuk mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan
b.kemajuan ekonomi suatu negara sangat ditentukan oleh kemampuan rakyatnya dalam menjaga persatuan dan kesatuan
c.persatuan dan kesatuan bangsa menentukan harkat dan derajat Bangsa Indonesia dalam pergaulan dengan bangsa lainnya
d. paham kedaerahan akan semakin kuat apabila persatuan dan kesatuan bangsanya pun semakin kokoh dan selalu dijaga
e.Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat mensejajarkan diri dengan bangsa lain dalam pergaulan internasional
3. Kata kunci dalam multikulturalisme adalah ...
a.penegasan akan pentingnya persatuan dan kesatuan
b.pengakuan adanya kesenjangan dalam masyarakat majemuk
c. pengakuan adanya perbedaan dan penghargaan
d. pengakuan adanya keseragaman dan penghargaan
e.penegasan tentang keberagaman
4. Menurut Hans Kohn, nasionalisme diartikan sebagai paham yang berpendapat bahwa ... .
a. kesetian tertinggi seorang individu harus diserahkan kepada suku bangsanya
b. kesetiaan tertinggi individu harus diserahkan kepada negara kebangsaan
c.pengabdian tertinggi seorang pemimpin adalah melayani rakyatnya
d.pengabdian tertinggi rakyat adalah mencintai daerah kelahirannya
e.kesetiaan tertinggi individu harus diserahkan kepada pemerintah yang berdaulat
5. Sikap yang menganggap suku bangsa sendiri yang paling baik. Akibatnya akan selalu mementingkan suku bangsa sendiri dan mengabaikan kepentingan suku bangsa lain disebut ...
a.Chauvinisme
b.Primordialisme
c.Sukuisme
d.Provinsialisme
e. Ekstrimisme
6. Rambu-rambu dalam pelaksanaan bermain peran adalah ...
a.Guru meminta siswa untuk mencari tokoh yang akan diperankan
b.Guru dapat meminta siswa untuk membuat skenario sendiri
c.Guru hendaknya berperan sebagai salah satu tokoh
d.Setiap siswa hendaknya memerankan peran yang berbeda
e.Setiap siswa diminta untuk memainkan peran yang sejenis untuk memudahkan pengamatan
7. Sebagai negara majemuk, Indonesia menjadi negara paling rawan terhadap konflik yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. Untuk mengatasinya peran serta masyarakat sangat diperlukan. Salah satu peran tersebut adalah dimilikinya kesadaran berbangsa dan bernegara yang diwujudkan dengan ...
a.menghormati dan menghargai keberagaman di masyarakat
b.menghindari perilaku yang menimbulkan pertentangan diantara tokoh masyarakat
c.memiliki sikap disiplin yang tinggi untuk mendorong kemajuan masyarakat
d.berwawasan luas dalam menyelesaikan permasalahan di masyarakat
e.memiliki sikap hidup modern dan mampu memanfaatkan teknologi modern
8. Termasuk kedalam tradisi social studies, sehingga secara pedagogis PPKn berkonsepkan beberapa domain. Hal ini sebagai penyebab dari paradigma sistemik keilmuan PPKn yang berupaya menyalurkan…
a.Tradisi Inquiry
b.Tradisi Citizenship Transmission
c.Tradisi social Citizenship
d.Tradisi Kultural-Transmission
e.Tradisi democratic
9. Dalam upaya melaksanakan portofolio yang baik dikelas, guru PPKn harus memperhatikan 3 (tiga) atribut komponen yang perlu dikembangkan. Yang diantaranya…
a.Civic responsibility
b.Pengetahuan, keterampilan, sosial, dan spiritual
c.Civic knowledge, civic, skill, dan civic disposition
d.Civic intelligence, civic responsibility, dan civic participation
e.Civic awareness
10. Persatuan, Musyawarah, dan Cinta Tanah Air merupakan bagian dari kausa filosofische grondslag Inodnesia. Hal ini merupakan istilah lain dari proses ?
a.Elektis Eksklusif
b.Elektis Multidisiplin
c.Interdependen
d.Elektis Dependen
e.Elektis Inkorporatif
11. Berkomitmen terhadap nilai kebersamaan untuk mewujudkan rasa toleran dan jiwa kohesif. Dalam konsep pedagogis PKn, hal ini sebagi bentuk manifesatasi nilai…
a.Spirit Multikultur
b.Spirit Negara Kesatuan Republik Indonesia
c.Spirit Berkonstitusi
d.Spirit Bhineka Tunggal Ika
e.Spirit Pancasila
12. Metode inkuiri menjadi suatu metode yang sangat diperlukan dalam pembelajaran PPKn dikarenakan….
a.Inkuiri sebagai metode yang menekankan pada aspek disposition
b.Cocok untuk membentuk pembelajaran yang student center
c.Sifatnya yang mendukung pembelajaran yang aktif dan kritis
d.Pembelajaran PPKn tidak bisa lepas dari kegiatan mengidentifikasi masalah
e.Metode belajar PPKn lebih bersifat statis
13. Dalam konteks substansi dan urgensi kajian UUD 1945 kedalam pembelajaran PPKn, target yang diharapkan adalah dapat terbentuknya spirit berkonstitsi yaitu democratische rechtsstaat. Konsepsi yang demikian merupakan relevansi dari…
a.Indonesia sebagai Negara Rechstaat
b.Kausalitas norma-norma sosial
c.Efek dari kehidupan para leluhur di masa lalu
d.Indonesia beriklim hukum hindia belanda
e.Indonesia sebagai Negara Machstaac
14. Esensi dan urgensi dari empat konsensus bangsa Indonesia menandakan sebagai fokus landasan arah rekonstruksi PPKn. Hal ini sebagai wujud dari…
a.PPKn sebagai wahana pendidikan berkonstitusi
b.Membentuk warganegara yang sadar untuk bela Negara dengan berlandaskan pada 4 konsensus bangsa Indonesia.
c.Membentuk tradisi kewargaan dengan 4 konsensus bangsa Indonesia.
d.Visi membentuk warganegara yang sadar untuk berkehidupan berbangsa dan bernegara dengan berlandaskan pada 4 konsensus bangsa Indonesia.
e.PPKn sebagai wahana pendidikan 4 konsensus bangsa Indonesia.
15. Mengambil kaidah dan urgensi makna penjewantahan pancasila kedalam pembelajaran PPKn menjadi prospek positif pembelajaran PPKn. Bagi peserta didik ini memungkinkan mereka dapat?
a.Perwujudan dalam pembangunan nasional berdasarkan norma-norma hokum
b.Meningkatkan kapabilitas diri menjadi seseorang yang berguna bagi negara
c.Memberdayakan hakikat PPKn dalam memahami dan merealisasikan filosofi pancasila di dalam kehidupan berbangsa, dan bernegara.
d.Bersumbangsi aktif terhadap pembelajaran PPKn yang filosofis
e.Memberdayakan kedudukan pancasila sebagai dasar negara
16.Sebagai wahana pendidikan politik, tugas pentinya PPKn adalah konstruksi atribut Civic Intellegence, Civic Responsibility, dan Civic Participation. Ketiga atribut itu memungkin terbentuknya?
a.Civil Law
b.Moral Society
c.Civil Global
d.Civil Society
e.Civil
17.Patriotik, toleren, setia terhadap bangsa dan negara, beragama menjadi karakter-karakter urgen bagi seluruh warganegara Indonesia. PPKn kedudukannya sebagai program pendidikan memiliki dalih yang kuat dengan mempondasikan ilmunya dan implikasi pembelajarannya berpusat pada?
a.Nilai-nilai Religius
b.Nilai-nilai Pancasila
c.Nilai-nilai Sosial
d.Nilai-nilai Hukum
e.Nilai-nilai Kearifan Lokal
18.Tiga rumpun body of knowledge PPKn adalah ilmu politik, hukum, dan moral. Ketiganya perlu diedukasi kepada seluruh warganegara termasuk adalah peserta didik. Hal ini urgen dikarenakan?
a.Semangat Kebangsaan
b.Semangat patriotik warganegara
c.Semangat edukasi warganegara
d.Upaya mewujudkan warganegara yang cerdas
e.Upaya mewujudkan warganegara yang terampil
19. Perasaan moral sebagai suatu yang wajib, ikatan rasional akan kebaikan, dan rasa kebebasan, perlu dipedomani oleh seluruh warganegara Indonesia sebagai upaya mewujudkan?
a.Kesadaran beraspirasi
b.Kesadaran diri
c.Kesadaran berkonstitusi
d.Kesadaran politik
e.Kesadaran hokum.
20.Koherensi tujuan dan capaian pembelajaran PPKn memusatkan pada 3 hal yaitu keterampilan, pengetahuan, dan karakter. Ketiganya diadaptasi di Indonesia untuk menjadikan warganegara yang baik dan cerdas. Namun tentunya secara pedagogis dan yuridis koherensi tersebut perlu berpusat pada kaidah-kaidah kurikulum untuk muatan pelajaran PPKn. Pertanyaanya, apa yang melandasi penjelasan tersebut?
a.Adanya pendidikan moral
b.Sebagai relevansi keilmuan
c.Sinergi antar program pendidikan
d.Sebagai sinergitas PPKn dengan kurikulum
e.Perwujudan kompetensi peserta didik
2 comments:
No 5 jawabannya bukannya sukuisme ya pak, karna chauvinisme itu a mengagungkan bangsa sendiri, bukan suku bangsa.. 🙏🙏🙏
Sangat membantu semoga di permudahkan dalam tes pppk, Amin...
Post a Comment