Tuesday 9 March 2021

SOAL DAN KUNCI JAWABAN PEDAGOGI IPS SMP SERI BELAJARAN MANDIRI CALON GURU ASN PPPK

Soal dan kunci jawaban pedagodi IPS SMP seri belajar mandiri calon  Guru ASN PPPK

SOAL DAN KUNCI JAWABAN PEDAGOGI IPS SMP SERI BELAJARAN MANDIRI CALON GURU ASN PPPK
SOAL DAN KUNCI JAWABAN PEDAGOGI IPS SMP SERI BELAJARAN MANDIRI CALON GURU ASN PPPK 

1. Teori belajar yang mengutamakan perubahan tingkah laku pada individu yang belajar dengan mengutamakan hubungan stimulus dan respon merupakan teori belajar....

a.Rekonstruktivistik

b. Kognitivistik

c. Konstruktivistik

d. Humanistik

e. Behavioristik

2. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar....

a. Konstruktivistik

b. Kognitivistik

c. Sibernetik

d. Behavioristik

e. Humanistic

3. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah....

a. Kemampuan untuk memecahkan masalah

b. Kemampuan mengemukakan pendapat

c. Kemampuan untuk mengintegrasikan diri

d. Kemampuan berinteraksi

e. Kemampuan berkomunikasi

4. Seluruh komponen pendidikan memiliki tujuan yang sama yaitu terbentuknya manusia yang ideal, manusia yang dicita-citakan, yaitu manusia yang mampu mencapai aktualisasi diri. Pernyataan tersebut merupakan bagian dari teori ....

a. Behavioristik

b. Kognitivistik

c. Sibernetik

d.Humanistik

e.Konstruktivistik


5. Pada tahap konseptualisasi, kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik adalah.....

a. Mampu membuat peraturan

b. Mampu mengalami sebuah kejadian

c. Mampu memecahkan masalah

d. Mampu memahami sebuah kejadian

e.Mampu memahami permasalahan


6. Dibawah ini adalah tipe belajar menurut Habermas, kecuali ....

a. Belajar praktis

b. Belajar aktif

c. Belajar teknis

d. Belajar emansipatoris

e.Belajar konsep


7. Menurut Bruner, apabila seseorang memahami obyek-obyek atau dunianya melalui gambar-gambar dan visualisasi verbal dengan kata lain peserta didik belajar melalui bentuk perumpamaan atau perbandingan, hal ini merupakan tahapan dari......

a.Simbolik

b.Intuitif

c.Enaktif

d. Ikonik

e. Konflik

8. Guru A ketika melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media, kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD audio, kadang menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran dilakukan demikian karena pertimbangan:


a.  Gender peserta didik

b. Etnik peserta didik

c. Kultural peserta didik

d. Minat peserta didik

e.Gaya belajar peserta didik


9. Pada suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak peserta didik akan dikembangkan aspek motorik kasarnya, maka pendidik dapat menugaskan peserta didiknya untuk melakukan kegiatan:

a. Mewarnai pola

b.Menendang bola

c. Meronce membuat kalung

d.Memasang puzzle

e. Menjiplak huruf


10. Perkembangan kognitif peserta didik Sekolah Dasar berada pada taraf ? operasional kongkrit, sehingga mereka merasa kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan gurunya secara verbal saja. Proses pembelajaran tersebut akan efektif jika disertai dengan menggunakan:


a. Media grafis

b. Media cetak

c. Media benda nyata

d.Media poster

e. Media gambar


11. Pada suatu proses pembelajaran yang kebetulan hari itu bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, guru sebelumnya telah menghimbau kepada peserta didik untuk mengenakan busana daerah masing-masing. Tindakan guru tersebut memperhatikan karakteristik peserta didik, terutama aspek:?

a. Status Sosial

b. Motivasi

c. Etnik

d. Minat

e. Moral


12. Peserta didik dalam suatu kelas gaya belajarnya beragam ada yang visual, auditori, dan kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran selama ini masih banyak yang konvensional-klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga gaya belajar tersebut, guru perlu:

a. Menggunakan program audio dan modul.

b. Menggunakan media komik pembelajaran dan buku paket.

c. Menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab.

d. Menggunakan media audio, video, dan percobaan.

e. Menggunakan modul dan powerpoint.


13. Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengingatkan peserta didik yang kurang semangat dan kurang aktif dalam belajar. Tindakan guru tersebut berarti memperhatikan aspek:?

a. Kultural

b. Motivasi

c. Sosial

d. Etnik

e. Status sosial


14. Pak Adit seorang guru SMP X, ketika melakukan proses pembelajaran menghadapi peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh, dan pegawai swasta. Namun Pak Adit memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Adit memperhatiakan karakteristik peserta didik terutama:

a. Status social

b. Minat

c. Motivasi

d. Etnik

e. Kultural


15. Rumusan indikator kunci untuk kompetensi dasar “Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar,” adalah..

a. menjelaskan jaring-jaring makanan

b. menggeneralisasi hubungan antar komponen ekosistem

c. menelaah hubungan antar komponen ekosistem

d. menyebutkan pengertian ekosistem

16. Manakah diantara pernyataan berikut yang merupakan indikator pengayaan dari Kompetensi Dasar “Menganalisisperan ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa”?

a. Menjelaskan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang budaya.

b. Membandingkan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.

c. Mengklasifikasi peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.

d. Merasionalkan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.


17. Strategi guru saat peserta didik belum siap melakukan keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah....

a. merubah perencanaan disesuaikan dengan kemampuan siswa

b. membangun skemata dari pengetahuan awal yang telah diperoleh sebelumnya dengan pengetahuan baru yang akan diajarkan

c. membentuk kelompok siswa dengan kemampuan yang heterogen

d. tetap melakukan aktivitas dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi


18. Pada pendidikan abad ke-21, kompetensi Collaboration sangat penting karena peserta didik dapat....

a. mengomunikasikan ide-ide dan gagasan secara efektif menggunakan media lisan, tertulis, maupun teknologi

b. bekerja sama dalam sebuah kelompok dalam memecahkan permasalahan yang ditemukan

c. menghasilkan, mengembangkan, dan mengimplementasikan ide-ide mereka secara kreatif baik secara mandiri maupun berkelompok

d. mengidentifikasi, menganalisis, menginterpretasikan, dan mengevaluasi bukti-bukti, argumentasi, klaim dan data-data yang tersaji secara luas melalui pengkajian secara mendalam, serta merefleksikannya dalam kehidupan sehari-hari


19. Salah satu proses kognitif adalah “menganalisis” yang maknanya adalah ....

a. melakukan atau menggunakan prosedur di dalam situasi yang tidak biasa

b. menempatkan unsur-unsur secara bersama-sama untuk membentuk keseluruhan secara koheren atau fungsional

c. membangun arti dari proses pembelajaran, termasuk komunikasi lisan, tertulis dan gambar

d. memecah materi ke dalam bagian-bagian dan menentukan bagaimana bagian-bagian itu terhubungkan antar bagian


20 Pada KD “Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya,”pengembangan materi pengayaan pada KD tersebut adalah ....

a. menyebutkan upaya pelestarian beberapa jenis makhluk hidup

b. menjelaskan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup

c. membandingkan siklus makhluk hidup satu dengan yang lainnya

d. menganalisis hubungan antara siklus hidup dengan upaya pelestarian


21. Perhatikan pernyataan berikut.

  • Mudah beradaptasi dan mampu mengelola kompleksitas. 
  • Keingintahuan, kreativitas, dan pengambilan risiko. 
  • Berpikir tingkat tinggi dan alasan yang masuk akal. 

Pernyataan tersebut merupakan ciri-ciri dari sebagai bagian dari keterampilan Abad ke-21.

a. High Productivity

b. Digital Age Literacy

c. Effective Communication

d. Inventive Thinking


22. Indikator kunci dari kompetensi dasar “Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar” adalah ….

a. menjelaskan tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar 

b. menganalisis hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar

c.mengklasifikasi tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar 

d. menguji hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar

23. Keterampilan berpikir tingkat tinggi memiliki beberapa aspek. Pemahaman bahwa keterampilan untuk dapat memecahkan masalah yang muncul pada kehidupan sehari-hari merupakan bagian dari aspek keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai..

a. transfer knowledge

b. creative thinking

c. critical thinking

d. problem solving


24. Contoh aktivitas pembelajaran yang mengasah keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah ....

a. melihat video tentang cuaca

b. membandingkan hasil pengamatan cuaca melalui alat manual dan aplikasi

c. mencatat hasil pengamatan cuaca

d. membaca berbagai sumber tentang cuaca dan iklim


25. Aktivitas pembelajaran pada model Project Based Learning pada sintaks mendesain perencanaan produk adalah.......


a. peserta didik melakukan pembuatan proyek sesuai jadwal, mencatat setiap tahapan, mendiskusikan masalah yang muncul selama penyelesaian proyek dengan guru

b. membahas kelayakan proyek yang telah dibuat dan membuat laporan produk/karya untuk dipaparkan kepada orang lain

c. peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas, persiapan alat, bahan, media, sumber yang dibutuhkan

d. peserta didik menyusun jadwal penyelesaian proyek dengan memperhatikan batas waktu yang telah ditentukan


26. Kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik yang diawali dengan pemberian rangsangan, mengajak peserta didik daam mengidentifikasi masalah, melakukan pengumpulan data dan mengolah data sehingga mampu memberikan pembuktian dan menarik simpulan. Model yang tepat digunakan untuk kegiatan pembelajaran diatas adalah.......

a. Discovery Learning

b. Project Based learning

c. Inquiry Learning

d. Problem Based learning


27. Salah satu sintaks Problem Based Learning adalah mengorganisasikan peserta didik untuk belajar. Contoh aktivitas pembelajarannya adalah.......

a. kelompok melakukan diskusi untuk menghasilkan solusi pemecahan masalah

b. siswa melakukan penyelidikan (mencari data/referensi/sumber untuk bahan diskusi)

c. siswa berdiskusi dan membagi tugas untuk mencari data/bahan-bahan/alat yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah

d. kelompok mengamati dan memahami masalah yang disampaikan guru atau yang diperoleh dari bahan bacaan


28. Indikator menyebutkan benda-benda yang ada di kelas, apabila dimasukkan pada matriks kemampuan berpikir dan dimensi pengetahuan berada pada posisi.......

a. Posisi C

b. Posisi B

c. Posisi A

d. Posisi D


29. Peserta didik diminta untuk menyebutkan nama tumbuhan yang ada di sekolah. Aktivitas pembelajaran tersebut masuk ke dalam dimensi pengetahuan.......


a. faktual

b. prosedural

c. konseptual

d. metakognitif


30 Perhatikan contoh soal HOTS di bawah ini! Manakah indikator soal yang paling tepat untuk soal di atas?

a. Disajikan teks tentang kependudukan, siswa dapat menyebutkan factor-faktor yang menyebabkan terjadinyan ledakan penduduk

b. Disajikan permasalahan kontekstual tentang kependudukan, siswa dapat menyelesaikan permasalahan tersebut menggunakan konsep kependudukan

c. Disajikan kasus tentang kependudukan, siswa dapat menjelaskan terjadinya ledakan penduduk di suatu negara.

d. Disajikan teks, siswa dapat menjelaskan pengertian kependudukan.


31. Manakah indikator yang sesuai untuk soal berikut?

a. Disajikan diagram data penjualan beras, siswa dapat menentukan pencapaian penjualan beras tertinggi.

b. Disajikan diagram data penjualan beras, siswa dapat menentukan banyaknya beras yang terjual pada hari Rabu.

c. Disajikan diagram data penjualan beras, siswa dapat menentukan banyaknya beras yang terjual pada hari Kamis.

d. Disajikan diagram penjualan sembako, siswa dapat menentukan banyaknya sembako yang terjual selama lima hari.


32. Seorang guru dituntut memiliki kemampuan keterampilan bertanya dalam proses pembelajaran. Diantara pernyataan di bawah ini, manakah yang kurang tepat mengenai fungsi pertanyaan dalam pembelajaran?

a. merangsang siswa mencari bahan yang lebih banyak (ekslplorasi)

b. mengukur keberhasilan guru dalam menyampaikan pokok pelajaran

c. mengembangkan dan membangun konsep diri siswa secara individu

d. mendorong minat dan motivasi siswa untuk berparsipasi aktif dalam pembelajaran


33. Contoh pesan non verbal yang terjadi pada proses pembelajaran di kelas yaitu …

a. Guru memberikan instruksi dengan tegas supaya siswa tidak bekerja sama dalam mengerjakan ujian

b. Siswa bertanya langsung tentang materi pelajaran yang tidak dimengerti

c. Guru memberikan “standing applause” kepada kelompok yang presentasi hasil kerjanya bagus

d. Siswa menanggapi langsung pertanyaan dari guru yang ditujukan kepadanya


34. Perhatikan contoh kegiatan berikut ini: 1) menyampaikan tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan pembelajaran, 2) mempersiapan hal-hal apa yang harus dilakukan baik oleh guru maupun siswa pada pembelajaran, dan 3) menyampaikan topik atau materi apa saja yang akan dibahas pada pembelajaran yang akan dilakukan. Contoh ke tiga hal tersebut, dalam kegiatan komunikasi termasuk kegiatan dalam upaya untuk menyamakan … dalam komunikasi.

a. Prasangka

b. Pespekstif

c. Persepsi

d. Tujuan


35. Fungsi utama mengajukan pertanyaan kepada siswa dalam proses pembelajaran yaitu untuk ….

a. Mengetahui keinginan siswa

b. Memenuhi rasa ingin tahu siswa

c. Mengajak siswa untuk berpikir dan bernalar

d. Menempatkan siswa sebagai subjek belajar

36. Seorang guru menyampaikan materi pembelajaran secara langsung melalui aplikasi video conferences yang diikuti oleh siswa secara terpisah. Komunikasi yang terjadi pada kasus tersebut adalah …

a. Komunikasi langsung satu arah (one way direct communication)

b. Komunikasi langsung bermedia (mediated direct communination)

c. Komunikasi media internet (internet media communication)

d. Komunikasi media massa (mass media communicatin)


37. Lima hal yang perlu diperhatikan guru dalam membangun iklim komunikasi yang positif dengan peserta didik yaitu ....

a. Respect, emphaty, audible, seriousness, dan preparedness

b. Respect, emphaty, audible, clarity, dan preparedness

c. Respect, emphaty, audible, clarity, dan humble

d. Respect, sympaty, audible, clarity, dan humble


38. Komunikasi itu merupakan proses simbolik. Pernyataan ini merupakan …

a.Tujuan komunikasi

b.Prinsip komunikasi

c.Istilah komunikasi

d.Bentuk komunikasi


39. Langkah pertama yang harus diperhatikan dalam kegiatan perencanaan penilaian sikap adalah .....

a. menentukan spesifikasi instrumen

b. menentukan sikap yang akan dikembangkan

c. menentukan skala pengukuran

d. menentukan indikator


40. Daya pembeda pada suatu soal adalah

a. kemampuan suatu butir soal yang tidak dapat membedakan antar siswa yang telah menguasai materi dan siswa yang kurang menguasai materi

b. jumlah siswa yang menjawab salah dan jumlah siswa yang bisa menjawab benar, proporsinya sama.

c. kemampuan suatu butir soal dapat membedakan antara siswa yang telah menguasai dan siswa yang kurang menguasai materi yang ditanyakan

d. jumlah siswa yang menjawab benar lebih banyak daripada jumlah siswa yang menjawab salah


41. Beberapa siswa Pak Usman memiliki IQ pada taraf normal bawah dan seringkali harus mengikuti remedial, terutama materi yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Namun pada materi yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat rendah, ketiganya mampu mencapai batas ketuntasan. Upaya Pak Usman mengembangkan potensi terbaik ketiga siswa tersebut adalah

a. memfasilitasi pembelajaran yang mengembangkan bentuk potensi keterampilan

b. menyediakan tambahan fasilitas dalam bentuk tutor sebaya saat pembelajaran

c. memberikan waktu lebih di luar kelas untuk menyelesaikan target pembelajaran

d. melaksanakan penilaian hasil belajar dalam bentuk yang fleksibel sesuai kebutuhan


42. Perhatikan aspek sikap berikut: (1) Tanggung jawab (2) Kerjasama (3) Menghargai (4) Mandiri (5) Jujur Kompetensi sikap yang akan dinilai untuk kegiatan berdiskusi adalah ....

a. 3, 4, 5

b. 2, 3, 5

c. 1, 2, 3

d. 1, 2, 4


43. Di antara pernyataan berikut yang benar adalah

a. Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan setiap pembelajaran berlangsung

b. Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan jika diperlukan untuk validitas data observasi guru

c. Penilaian diri dan antar teman dilakukan sewaktu-waktu sesuai keinginan guru

d. Penilaian diri dan penilaian antar teman dinilai bersama dengan hasil observasi guru


44. Definisi penilaian adalah ....

a. prosedur yang sistematis untuk mengumpulkan informasi yang dapat digunakan untuk membuat kesimpulan tentang karakteristik orang atau objek

b. menentukan atau menyusun alat ukur, dalam hal ini instrumen pengukuran dan bagaimana mengukurnya

c. kegiatan penentuan angka bagi suatu objek secara sistematik

d. kegiatan dalam meningkatkan kualitas, kinerja, atau produktivitas suatu lembaga dalam melaksanakan programnya


1 comment:

Anonymous said...

Trmksh bpk sdh membrkn bhn ajar untk kmi,smg bpk sllu dbri kmdhn dlm sgla ursn oleh Allah SWT,amiiin