Saturday 13 March 2021

KUNCI JAWABAN REVIEW PEMBELAJARAN PGSD MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SERI GURU BELAJAR MANDIRI CALON GURU ASN PPPK

Kunci jawaban review pembelajaran PGSD mata pelejaran Bahasa Indonesia seri guru belajar mandiri calon guru ASN PPPK

Kunci jawaban review pembelajaran PGSD mata pelajaran IPS

Kunci jawaban review pembelajaran PGSD mata pelajaran IPA

Kunci jawaban review pembelajaran PGSD mata pelajaran Matematika

Kunci jawaban review pembelajaran PGSD mata pelajaran Bahasa Indonesia

Kunci jawaban review pembelajaran PGSD mata pelajaran PPKN

Kunci jawaban Pedagogik PGSD Pembelajaran 1-7

Materi dan modul PPPK PGSD

Latihan Soal sosiokultural PPPK

Latihan Soal Manajerial PPPK

Soal dan kunci jawaban try Out PGSD 

 Bacalah teks dibawah ini!

Pembelajaran 1 Ragam Teks dan Satuan Bahasa Pembentuk Teks

1. Bacalah teks dibawah ini!

 “Aku sangat senang sekali membaca buku. Terkadang karena keasyikan membaca, aku tidak mendengar teman yang berbicara kepadaku. Oleh karena itu aku dijuluki “si kutu buku”. Aku tidak marah dijuluki seperti itu. Kata ibu kutu buku itu artinya orang yang sangat gemar membaca buku.”

Perbaikan yang tepat pada kalimat pertama paragraf di atas adalah…

a.Aku dijuluki dengan nama “si kutu buku”

b.Saking asyiknya membaca aku sampai tidak fokus.

c.Aku adalah orang yang sangat senang membaca.

d.Kutu buku adalah orang yang sanfat gemar membaca buku.

e.Aku sangat senang membaca buku.



2. Bacalah penggalan teks di bawah ini!

“Bioteknologi adalah istilah yang berasal dari bahasa latin yang terdiri atas kata bio yang  berarti “hidup” dan teknos yang berarti “teknologi” serta logos yang berarti “ilmu.” Selanjutnya bioteknologi diartikan sebagai kajian ilmu terapan yang konsen terhadap rangkaian proses biologis dalam rangka menghasilkan barang dan jasa yang menerapkan  prinsip sains. Perkembangan bioteknologi tak hanya didasarkan pada cabang keimuan biologi saja, namun juga pada disiplin ilmu terapan lainnya semisal biologi molekuler, komputer,  biokimia, genetika, kimia, mikrobiologis, matematika, dan lain sebagainya.”

Peryataan di bawah ini yang sesuai dengan teks di atas adalah …

a.Bioteknologi diciptakan untuk mencari keuntungan

b.Peristiwa biologi yang menjadi dasar adanya perkembangan bioteknolog

c.Bioteknologi adalah cabang dari keilmuan biologi

d.Bioteknologi adalah hasil penerapan teknologi terhadap prosesi biologii

e.Perkembangan bioteknologi hanya didasarkan pada cabang keimuan biologi.


3. Bacalah teks di bawah ini!

Saat ini masih banyak dari guru dan orang tua murid yang tidak sabar dalam mendidik peserta didiknya. Padahal, dalam mendidik anak kesabaran sangatlah diperlukan. Seperti yang telah diutarakan oleh salah satu filsuf legendaris Yunani yaitu Plato, bahwa pendidikan merupakan proses yang panjang dan dijalani seumur hidup, yaitu mulai manusia itu masih kecil hingga manusia beranjak dewasa.

Oleh sebab itu, sudah sepatutnya selaku guru dan orang tua murid mendidik anaknya dengan sabar dan berorientasi pada proses. Supaya nantinya anak dapat berkembang dengan baik dan dengan sewajarnya. Dengan demikian pula potensi yang dimiliki anak juga dapat tumbuh berkembang dengan baik dan alami.

Analisislah teks di atas , kemudian berdasar karakteristik yang tergambar, teks di atas termasuk jenis pengembangan paragaraf...


a. Persuasif

b.Eksposisi

c.Argumentatif

d.Deskriptif

e.Naratif


4. Bacalah penggalan teks di bawah ini!

Gempa Bumi

Gempa bumi merupakan getaran atau goncangan yang terjadi karena pergeseran atau pergerakan lapisan batu bumi yang berasal dari dasar permukaan bumi. Peristiwa alam ini sering terjadi di daerah yang berada dekat gunung berapi atau gunung yang masih aktif dan di daerah yang dikelilingi lautan yang sangat luas.

Gempa bumi terjadi karena pergesaran atau gerakan lapisan dasar bumi dan letusan gunung berapi yang sangat dahsyat. Selain itu, gempa bumi terjadi begitu cepat dengan dampak yang sangat besar bagi lingkungan sekitarnya.Getaran gempa bumi yang sangat besar dan merambat ke segala arah sehingga dapat meratakan bangunan dan menimbulkan korban jiwa. Berdasarkan penyebab terjadinya, gempa bumi dapat digolongkkan menjadi dua jenis, yaitu gempa vulkanik dan gempa tektonik.

Teks di atas adalah teks eksplanasi yang memiliki karakteristik.........

a.Muatannya didasarkan pada fakta

b.Muatannya didasarkan pada pendapat / opini

c.Adanya langkah prosedur

d.Memuat unsur kekonyolan

e.Isinya memuat fakta


5. Bacalah teks di bawah ini!

Malam ini indah sekali. Di langit, bintang – bintang berkelip – kelip memancarkan cahaya temaram. Hawa dingin menusuk kulit. Sesekali terdengar suara jangkrik, burung malam, dan kelelawar mengusik sepinya malam. Angin berhembus pelan dan tenang.

Teks di atas memiliki empat karakteristik yaitu.

  • Menuliskan atau Menggambarkan sesuatu.
  • Penggambaran tersebut dilakukan sejelas-jelasnya dengan meliputi kesan indera.
  • Membuat pembaca atau pendengar merasakan sendiri.
  • Menjelaskan ciri-ciri objek seperti warna, ukuran, bentuk, dan keadaan suatu objek secara terperinci

Karakteristik teks di atas termasuk ke dalam ciri pengembangan paragraf...

a.Eksplanasi

b.Narasi

c.Eskposisi

d.Persuasif

e.Deskriptif


6. Baca dan analisislah teks berikut!

Pendidikan

Pendidikan di Indonesia dewasa ini masih tertinggal cukup jauh dengan pendidikan yang berada di negara-negara lain yang ada di dunia.Bahkan Indonesia sendiri masih kalah dengan negara jiran kita, yakni Malaysia dan Singapura dalam bidang pendidikan.Hal ini dapat disaksikan dari banyaknya penduduk mereka yang memperoleh pendidikan sampai ke perguruan tinggi.Sedangkan di Indonesia, jumlah penduduk yang mendapatkan pendidikan saja masih jauh tertinggal dengan negara lain, apalagi di daerah-daerah tertinggal seperti NTB, NTT, Papua dan masih banyak lagi daerah lainnya.

Ketertinggalan pendidikan di daerah-daerah tersebut disebabkan karena tidak meratanya pendidikan di Negara Indonesia. Pemerintah hanya membangun fasilitas pendidikan di daerah perkotaan, terkhusus pulau Jawa.Tidak hanya itu, terbatasnya jumlah guru yang ada di daerah tersebut juga ikut menciptakan semakin jauhnya akses pendidikan yang ada di daerah. Akhirnya, pendidikan Indonesia tidak merata serta cenderung tertinggal, sehingga belum mampu untuk bersaing dengan negara lain yang ada di dunia.

Analisislah teks tersebut kemudian tentukan karakteristik teks argumentasi yang mana yang tergambar  di dalam teks.

a.Bersifat sebab akibat

b.Bersifat fiksi

c.Bersifat akibat sebab

d.Bersifat fakta

e.Bersifat mempengaruhi


7. Bacalah teks di bawah ini!

Malam ini indah sekali. Di langit, bintang – bintang berkelip – kelip memancarkan cahaya temaram. Hawa dingin menusuk kulit. Sesekali terdengar suara jangkrik, burung malam, dan kelelawar mengusik sepinya malam. Angin berhembus pelan dan tenang.

Berdasarkan teks di atas, sebuah paragraf harus memiliki syarat tertentu yaitu...

a.Kepaduan, kedantunan, dan keadilan

b.Kelengkapan, persatuan, dan keadilan

c.Kepaduan, kesatuan, dan kesukaan

d.Kelengkapan, kesantunan, dan kerancuan

e.Kelengkapan, kesatuan, dan kepaduan

Pembelajaran 2. Struktur, Fungsi dan Kaidah Kebahasaan Teks Fiksi

1. Pesan baginda kepada anaknya, “Hai anakku! Hati-hati engkau, jangan tergoda oleh harta sebab engkau akan menyesal kalau ajal telah datang. Kejujuran lebih berharga dan mulia dari segalanya.”. Pelajaran yang dapat dipetik dari kutipan tersebut adalah ....


a.Harta yang harus dijaga

b.Kejujuran lebih mulia dan berharga

c.Anak yang sombong

d.Pesan Baginda Raja pada anaknya

e.Harta lebih mulia

2. Puisi berikut yang termasuk syair adalah ....


a.Kalau terpelihara mata. Kurangilah cita-cita. Kalau terpelihara kuping. Kabar jahat tiada damping.

b.Jalan-jalan ke pasar baru. Jangan lupa beli celana. Kalau punya teman baru. Jangan lupa teman lama

c.Wajah yang manis pucat berseri. Laksana bulan bersiang hari. Berjalan tunduk memikirkan diri. Tiada memSaudarang kanan dan kiri

d.Rasanya ingin bermain gitar. Lagu sendu gubahan dariku. Saudara ingin menjadi pintar. Jangan lupa membaca buku

e.Mata air di dalam kolam. Kucari teka-teki alam. Di awan-awan kian kemari. Di situ juga jawab kucari


3. “Mengapa pagi ini waktu sangat kacau?” ucap induk gagak. Ia lalu segera mencari anaknya. Namun, ia tidak menemukannya. Ia pun kembali ke sarang. Cemas dan sedih menjadi satu.

Kutipan di atas termasuk ke dalam bagian ...
a.Evaluasi
b.Komplikasi
c.Resolusi
d.Orientasi
e.Amanat

4. Eyang mengangguk-angguk (1) mulai (2) memahami persoalan Via. Namun (3) beliau belum menanggapi (4) pertanyaan cucunya. Eyang tersenyum(5). 

Kata yang menyatakan urutan waktu ditSaudarai dengn nomor ....
a.(3)
b.(5)
c.(1)
d.(4)
e.(2)


5. Pagi tadi E yang menyuruh Bi Jum, pembantunya, mengantar Via berobat ke Puskesmas. Sudah dua hari Via pilek. Biasanya Eyang sendiri yang mengantar Via berobat. Namun tetangga sebelah meninggal. Eyang melayat ke tetangga sebelah.

Kutipan cerita di atas termasuk ke dalam bagian ....

a.Rekomendasi

b.Evaluasi

c.Komplikasi

d.Resolusi

e.Orientasi


6. Dari Jakarta menuju Semarang. Jangan lupa beli papaya. Engkau senang, aku senang. Karena kita memang saudara. Balasan yang tepat untuk pantun tersebut adalah ....
Select one:

a.Jika engkau pergi ke Pati. Belikan aku sekilo duku. Jika engkau berbaik hati. Bantulah aku bawakan buku

b.Kalau ada sumur di lading. Boleh kita menumpang mandi. Kalau ada umurku panjang. Boleh kita berjumpa lagi

c.Buah lengkung enak rasanya. Beli murah di Temanggung. Kita memang saudara. Susah senang kita tanggung

d.Makan gulai di atas batu. Kerasnya batu tak terasakan. Jika boleh aku bertemu. Datang bertamu dambil berjalan

e.Jika kenyang karena makan. Janganlah lupa akan minumnya. Jika datang dengan ancaman. Akan ku terima dengan gembira


7. Via menunggu (1) pembantu baru. Via ikut Bunda ke kantor sepulang (2) sekolah. Mula-mula (3) semua berjalan lancar. Lalu Via mulai sakit-sakitan (4). Akhirnya ia harus opname. Dokter menduga Via kurang istirahat dan makannya tidak teratur. Bunda menangis mendengarkannya. Ia merasa bersalah (5).

Kata kerja tindakan ditandai dengan nomor ....


a.(2)

b.(1)

c.(4)

d.(5)

e.(3)

Pembelajaran 3. Struktur, Fungsi dan Kaidah Kebahasaan Teks Nonfiksi

1. Dalam kaidah kebahasaan penulisan teks nonfiksi haruslah menggunakan kalimat efektif. Diantara salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam kalimat efektif ialah kesepadanan. Dibawah ini manakah kalimat yang menunjukan kesepadanan...
Select one:

a.Hingga saat ini kepala proyak belum menyetujui usulan penelitian yang diajukan, padahal itu sudah diajukan sejak sebulan lalu

b.Usualan penelitian ini sudah lama diajukan, tetapi kepala proyek belum juga menyetujuinya hingga saat ini.

c.Kami sudah lama mengajukan usulan penelitian ini, tetapi belum juga disetuji oleh kepala proyek

d.Kami sudah lama mengajukan usulan penelitian ini, tetapi kepala proyek belum menyetujuinya

e.Usualan penelitian ini sudah lama diajukan, tetapi kepala proyek belum menyetujuinya.

2. Cermati penggalan paragraf berikut!...Selain itu, kebakaran hutan dan lahan ini juga sangat berdampak pada emisi gas rumah kaca, jelas Ruandha. Kebakaran pada tahun ini diperkirakan membuat penurunan emisi hanya sekitar 16%. Diharapkan mencegah terjadinya kebakaran di gambut, karena di situlah kuncinya. Kebakaran tahun ini juga tidak dipertanyakan pada waktu KTT, sebab tertutup oleh kebakaran di Amazone dan Australia.

 Penggalan kalimat diatas merupakan struktur teks nonfiksi yakni pada bagian...

a.Bagian thesis statemnet
b.Bagian urutan pristiwa
c.Bagian inti
d.Bagian penutup
e.Bagian pendahuluan

3. Cermati penggalan paragraf berikut in!

Pembangunan pabrik tekstil yang tidak sesuai aturan bisa berdampak buruk pada lingkungan di sekitarnya. Efek samping yang ditimbulkan dapat berupa banjir, kekeringan, polusi udara, dan penyakit. Adanya pabrik industri dapat juga menimbulkan kebisingan sehinggan kehidupan warga terganggu. Selain itu juga asap pembuangan menyebabkan polusi udara juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit saluran pernafasan. Keadaan tersebut tentu membuat masyarakat cemas karena kehidupan mereka menjadi lebih baik.

Kalimat yang tidak koheren dari paragraf diatas ialah...

a.Kalimat ketiga
b.Kalimat kedua
c.Kalimat kelima
d.Kalimat kesatu
e.Kalimat keempat

4. Anies Baswedan lahir dengan dengan nama lengkap Anies Rasyid Baswedan. Ia dilahirkan pada tanggal 7 Mei 1969 di Kuningan, provinsi Jawa Barat. Ia merupakan anak pertama dari Rasyid Baswedan dan Aliyah Rasyid. Anies Baswedan memulai pendidikan formalnya menjelang usia lima tahun. Ia masuk ke sekolah TK Masjid Syuhada di Kota Baru, Yogyakarta. Kemudian, memasuki usia enam tahun Anies bersekolah di SD Laboratori Yogyakarta. Tamat dari sana, Anies melanjutkan pendidikannya di di SMP Negeri 5 Yogyakarta. Anies melanjutkan masa SMA-nya di SMAN 2 Yogya. Anies kemudian melanjutkan kuliahnya di Universitas Gajah Mada di Fakultas Ekonomi. Sewaktu menjadi mahasiswa UGM, Anies mendapatkan beasiswa Japan Airlines Foundation untuk mengikuti kuliah musim panas bidang Asian Studies di Universitas Sophia di Tokyo, Jepang.

Penggalan teks di atas yang paling tepat termasuk kedalam jenis teks...

a.Nonfiksi
b.Faksi
c.Fiksi
d.Hybrid
e.Biografi fiksi


5. Struktur esai secara umum terdiri dari pendahuluan, bagian inti, dan simpulan. Dalam pemaparan bagian pendahuluan hendaknya menakankan agar menarik perhatian pembaca dan pentingnya topik tersebut untuk dikaji. Pendahuluan esai yang disusun secara tepat, ialah...

a.Menggambarkan latar belakang yeng berisi keadaan ideal, faktual, dan solusi atas permasalahan yang akan dipaparkan

b.Berisiskan bagaian pengembangkan ide yang dimuat dalam thesis statement yang dikupas dan dikembangkan sesuai dengan jenis esai yang ditulis

c.Menggambarkan latar belakang dan situasi terkini terkait topik yang disajikan dari penjelasan khusus ke penjelasan umum yang berisi keadaan faktual dan permasalahan yang diangkat

d.Berisiskan latar belakang yang merupakan pemetaan logis dari topik yang hendak dibahasa sesuai tujuan jenis esainya

e.Menggambarkan latar belakang dan situasi terkini terkait topik tersebut yang disajikan dari penjelasana umum kearah yang lebih sempit menggambarkan keadaan faktual dan permasalahan yang diangkat


6. Jika dikaitkan pada proses pembelajaran siswa sekolah dasar teks esai dapat digunakan sebagai upaya dan bentuk langkah nyata dalam memberikan pemahaman siswa terkait dengan berbagai isu yang terjadi. Berdasarkan hal tersebut hal apa lagi yang dapat didapatkan dari penggunaan teks esai, kecuali ...

a.Teks esai dapat menyebutkan tentang tipe atau watak seseorang dalam suatu pembahasan atau sebuah isu kepada pembaca

b.Teks esai dapat menjelaskan tentang proses atau tahapan “mengapa” dan “bagaimana” terjadinya suatu peristiwa atau fenomena

c.Teks esai dapat menggambarkan atau menjelasakan tentang suatu hal atau objek seperti seseorang ataupun suatu benda yang menarik perhatian penulis

d.Teks esai dapat menjelaskan tentang peristiwa dan kejadian “mengapa” dan “bagaimana” hal itu dapat dilakukan.

e.Teks esai dapat membahas suatu topik isu atau topik dengan penjelasan yang dalam yang berhubungan dalam kehidupan sehari-hari


7. Selain harus memenuhi unsur kesepadanan, dalam penggunaan kalimatnya teks nonfiksi haruslah logis yang bermakna...


a.Kalimat yang disusun haruslah masuk akal dan dapat dicerna logika tanpa menimbulkan kesulitan untuk memahaminya meskipun tidak koheren

b.Gagasan yang disusun dalam esai tidak boleh bertumpuk dalam satu kalimat karena dapat mengaburkan kejelasan informasi yang diungkapkan.

c.Menggunakan kata-kata yang hemat hendaknya menghilangkan bagian yang tidak diperlukan, menjauhkan penggunakan kata depa dari dengan daripada,menghundarkan pemakanaian kata yang tidak perlu, menghilangkan pleonase, serta menghindari penggunaan hipernim dan hiponim secara bersama-sama

d.Predikat-predikat yang digunakan dalam kalimat harus sepadan jika predikat pertama menggunakan predikat aktif maka predikat kedua juga harus menggunakan predikat aktif, tidak boleh berlawanan

e.Adanya kohesi dan koherensi antara struktur pembentuk kalimat, memperhatikan ejaan bahasa Indoenesia (EBI), tepat struktur fungsinya, sistematis, dan tidak ada pemborosan kata.

Pembelajaran 4. Apresiasi dan Kreasi sastra Anak 

1. Pelajaran sastra di SD kelas rendah, berfokus pada....


a.Angkatan sastra

b.Sejarah sastra

c.Teori sastra

d.Apresiasi sastra

e.Periodesasi sastra


2. Manfaat yang diperoleh dari membaca karya sastra adalah ...


a.Memperoleh kenikmatan, pelajaran, dan mendidik nilai-nilai kehidupan

b.Memperoleh kenikmanatan

c.Mendidik nilai-nilai kehidupan

d.Mendapatkan pelajaran

e.Memperoleh kebebasan


3. Puisi tersebut tergolong genre :

a.Puisi kontenporer

b.Pujangga Baru

c.Puisi baru

d.Puisi lama

e.Puisi modern


4. Tujuan memberikan cerita anak/dongeng, tertera di bawah ini, kecuali....

a.Mengembangkan imajinasi

b.Mengembangkan keinginan dan kebebasan

c.Mengembangkan pengetahuan

d.Memberikan hiburan

e.Mengembangkan bahasa


5. Jalan-jalan ke pasar baru, Jangan lupa beli celana. Kalau punya teman baru, Jangan lupa teman lama. Puisi tersebut berbentuk :


a.Puisi bebas

b.Epik

c.Syair

d.Pantun

e.Gurindam


6. Pelajaran sastra di SD kelas tinggi, berfokus pada....

a.Teori sastra

b.Psikosastra

c.Sejarah sastra

d.Apresiasi sastra

e.Periodesasi sastra


7. Tujuan memberikan cerita biografi, tertera di bawah ini, kecuali....

a.Mengembangkan pengetahuan sejarah dan kepahlawanan

b.Mengembangkan imajinasi

c.Mengembangkan bahasa

d.Mengembangkan keinginan dan kebebasan

e.Memberikan hiburan atau kesenangan

No comments: