Materi dan kunci jawaban buku siswa kelas 3 SD tema 7 subtema 1 Pembelajaran 6. Pada pembelajaran 6 ini akan mempelajari tata cara pembuatan tempe. Siti, Dayu, Lani, Udin, Beni, dan Edo ingin belajar membuat tempe.
Di sekitar tempat tinggal mereka, ada tempat pengolahan tempe. Sebelumnya mereka telah membaca beberapa informasi tentang pembuatan tempe.
Cara Membuat Tempe
Kedelai merupakan hasil perkebunan yang memiliki banyak manfaat. Tempe adalah salah satu hasil teknologi pangan dari kedelai. Cara membuatnya cukup mudah.
Kacang kedelai digunakan untuk membuat tempe. Selain itu, ditambahkan ragi tempe serta daun pisang. Pertama, kacang kedelai dicuci hingga bersih. Kemudian, direndam selama 12 sampai 18 jam
Kacang kedelai dapat dikonsumsi dalam bentuk yang baru yaitu tempe, melalui teknologi pangan. Teknologi pangan bermanfaat agar kedelai dapat Kacang kedelai dicuci hingga kulitnya terlepas. Lalu, kacang kedelai dikukus atau direbus hingga empuk. Kacang kedelai yang sudah empuk diangkat dan ditiriskan. Ragi tempe dapat ditaburkan jika suhunya telah berubah menjadi hangat.
Kacang kedelai dapat dikonsumsi dalam bentuk yang baru yaitu tempe, melalui teknologi pangan. Teknologi pangan bermanfaat agar kedelai dapat dinikmati sebagai jenis makanan baru. Zat gizi pada tempe dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang telah rusak.
Halaman 53
1. Amati teks pada paragraf terakhir. Apa manfaat teknologi pangan terhadap hasil panen kacang kedelai? Uraikan di bawah ini!
2. Lengkapi kalimat di bawah ini! Gunakan kata-kata dalam kotak untuk membantumu.
Tempe merupakan salah satu makanan yang diolah melalui _____________ pangan. Bahan
utamanya adalah kacang________ dan ragi tempe. Ragi tempe berguna dalam_________
perubahan dari kacang kedelai menjadi tempe. Ragi tempe ditaburkan di atas kacang kedelai
saat ________ kacang kedelai rebus telah turun menjadi hangat. Setelah satu atau dua hari,
kedelai akan berubah menjadi tempe. __________ tempe akan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh.
konsumsi kedelai teknologi proses suhu
Jawaban halaman 53
Halaman 53
1. Kacang kedelai dapat dikonsumsi dalam bentuk yang baru yaitu tempe, melalui teknologi pangan. Teknologi pangan bermanfaat agar kedelai dapat dinikmati sebagai jenis makanan baru. Zat gizi pada tempe dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang telah rusak. Sel yang rusak misalnya pada saat tubuh kita terluka maka protein yang terdapat pada tempe dapat memperbaiki sel yang rusak sehingga luka tersebut cepat sembuh dengan kata lain mengering lukanya.
2. Lengkapi kalimat di bawah ini! Gunakan kata-kata dalam kotak untuk membantumu.
Tempe merupakan salah satu makanan yang diolah melalui teknologi pangan. Bahan utamanya adalah kacang kedelai dan ragi tempe. Ragi tempe berguna dalam proses perubahan dari kacang kedelai menjadi tempe. Ragi tempe ditaburkan di atas kacang kedelai saat suhu kacang kedelai rebus telah turun menjadi hangat. Setelah satu atau dua hari, kedelai akan berubah menjadi tempe. Konsumsi tempe akan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh.
Siti, Dayu, Lani, Udin, Edo, dan Beni ikut serta membuat tempe. Mereka bekerja sama menyiapkan proses pembuatan tempe.
Udin dan Edo menyiapkan kompor dan panci. Dayu mencuci kacang kedelai dibantu oleh Lani. Siti dan
Beni bertugas merebus kacang kedelai. Siti harus mengisi panci dengan air. Panci yang tersedia berukuran besar. Gelas untuk menuang air berukuran kecil.
Siti menghitung banyaknya gelas berisi air agar panci terisi sampai penuh.
banyaknya gelas berisi air agar panci terisi sampai penuh |
Satu panci terisi penuh air setelah dituang 9 gelas satuan.
Artinya, volume 1 buah panci setara dengan 9 gelas satuan
Halaman 55
Jika air di gelas dituangkan ke dalam panci, lingkar volume air yang lebih banyak!
Jawaban Halaman 55 silahkan anda simak video penjelasan di bawah ini
No comments:
Post a Comment