Friday 12 March 2021

KUNCI JAWABAN REVIEW PEMBELAJARAN PGSD MATA PELAJARAN MATEMATIKA SERI GURU BELAJAR MANDIRI CALON GURU ASN PPPK

Kunci jawaban review pembelajaran PGSD mata pelejaran Matematika seri guru belajar mandiri calon guru ASN PPPK

Kunci jawaban review pembelajaran PGSD mata pelajaran IPS

Kunci jawaban review pembelajaran PGSD mata pelajaran IPA

Kunci jawaban review pembelajaran PGSD mata pelajaran Matematika

Kunci jawaban review pembelajaran PGSD mata pelajaran Bahasa Indonesia

Kunci jawaban review pembelajaran PGSD mata pelajaran PPKN

Kunci jawaban Pedagogik PGSD Pembelajaran 1-7

Materi dan modul PPPK PGSD

Latihan Soal sosiokultural PPPK

Latihan Soal Manajerial PPPK

Soal dan kunci jawaban try Out PGSD 

Pembelajaran 1 Bilangan Asli, Cacah dan Bulat

1. aktor persekutuan terbesar (FPB) dari 28, 42, dan 76 adalah...

a.8

b.4

c.7

d.2

e.14

2. Spotong daging dalam kulkas bersuhu -3oC. Daging tersebut dipanaskan diatas api sehingga suhunya rata-rata naik 8OC setiap 2 menit. Suhu daging setelah dipanaskan 6 menit adalah....

a.21oC

b.14 oC

c.20 oC

d.27 oC

e.34 oC


3. Cindy mengerjakan suatu pekerjaan dalam waktu 2 hari, Firman untuk pekerjaan yang sama dapat diselesaikan dalam waktu 3 hari, sedangkan Teguh dapat menyelesaikan dalam waktu 4 hari. Jika mereka akan bekerja  ersama-sama untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut, maka pekerjaan itu akan selesai dalam waktu

a.1 hari

b.1 hari 50 menit

c.22 jam 15 menit

d.22 jam 9 menit

e.23 jam


4. KPK dari bilangan 48, 84 dan 98 adalah....

a.336

b.2.282

c.2.352

d.672

e.1242


5. Robi berlatih musik setiap 4 hari, johan setiap 5 hari dan lutfi setiap 6 hari. mereka betiga berlatih bersama yang kedua tanggal 5 april 2016, merka berlatih bersama pada tanggal....

a.24 Februari 2016

b.5 Februari 2016

c.1 Februari 2016

d.4 Februari 2016

e.25 Februari 2016

6. Hasil  dari 450-125+(-130) adalah...

a.205

b.195

c.225

d.455

e.145


7. Seorang guru SD hendak mengajar konsep FPB. Rancangan aktivitas peserta didik yang paling sesuai dengan panduan berbasis kontruktivisme adalah peserta didik diminta untuk mencari faktor dari suatu bilangan dengan ketentuan memiliki faktor lebih dari dua. Bilangan tersebut adalah ....


a.31

b.23

c.11

d.25

e.29

Pembelajaran 2 Bilangan Pecahan

1. Cindy mengerjakan suatu pekerjaan dalam waktu 2 hari, Firman untuk pekerjaan yang sama dapat diselesaikan dalam waktu 3 hari, sedangkan Teguh dapat menyelesaikan dalam waktu 4 hari. Jika mereka akan bekerja  ersama-sama untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut, maka pekerjaan itu akan selesai dalam waktu

a.22 jam 15 menit

b.1 hari 50 menit

c.22 jam 9 menit

d.23 jam

e.1 hari


2. Pecahan berikut yang terletak diantara 5/6;  dan  6/7;   adalah ...

a.37/42 

b.70/84 

c.35/42 

d.71/84

e.36/42 


3. Ibu memiliki sepertiga bagian kue. Kue tersebut dibagi secara adil untuk Evan, Rizki, dan Ikmal. Evan hanya memakan 1/2  dari bagian kuenya. Sisa kue milik Evan diberikan kepada Ikmal. Bagian kue yang diterima Ikmal adalah...

a.3/6

b.11/18

c.3/18

d.1/18

e.1/9


4. 


a.pecahan

b.pengurangan bilangan bulat

c.pecahan senilai

d.pengurangan bilangan pecahan

e.penjumlahan   


5. Pak Firman memperoleh penghasilan Rp7.650.000,00. Dari penghasilan tersebut 1/9 bagian digunakan biaya  ersama an putra-putrinya, 11% bagiannya digunakan transportasi sehari-hari, 30% digunakan untuk biaya hidup, dan 0,15 digunakan untuk membayar cicilan rumah, serta sisanya digunakan untuk tabungan. Besar dana untuk tabungan adalah


a.Rp2.677.000,00

b.Rp2.514.000,00

c.Rp2.677.500,00

d.Rp2.516.000,00

e.Rp2.515.000,00


6. Ibu Endang akan mengajarkan materi bilangan pecahan senilai (1/2=2/4) pada peserta didiknya. Adapun langkah pembelajaran yang dilakukan Ibu Endang:

  1. Menyiapkan  kertas.
  2. Membagi kertas pertama menjadi 2 bagian yang sama dan salah satu bagiannya diarsir.
  3. Peserta didik menentukan nilai pecahan kertas yang diarsir.
  4. Melipat 2 lagi kertas tersebut.
  5. Peserta didik menentukan nilai pecahan yang baru dari kertas yang diarsir.
  6. Meminta peserta didik untuk menunjukkan besar daerah yang diarsir apakah besarnya tetap sama.
  7. Meminta peserta didik untuk menuliskan nilai pecahannya.
  8. Menyimpulkan bahwa daerah yang diarsir tetap, tetapi pecahannya berbeda, namun memiliki nilai yang sama.

Pembelajaran yang dilakukan Ibu Endang adalah pembelajaran dengan pendekatan …

a.Rasionalisme 

b.Behavioristic

c.Naturalistic

d.Konstruktivisme

e.Dualism


7 Dari barisan bilangan di bawah ini, yang memuat bilangan tidak senilai  adalah ....

a.0,5; 1/2; 20/40; 50%

b.2/100; 0,20; 1/5; 20%

c.0, 1666; 1/6; 16,67%; 3/18

d.0,625; 5/8, 62,5%; 25/40

e.3/8; 37,5%; 15/40; 0,375

Pembelajaran 3 Geometri

1. Diantara bangun-bangun di bawah ini yang pasti sebangun adalah ...

a.Dua buah segitiga siku-siku

b.Dua buah persegi panjang

c.Dua buah segitiga sama kaki

d.Dua buah belah ketupat

e.Dua buah persegi


2. Sebuah kubus mempunyai volume 64 cm3. Apabila setiap rusuk kubus tersebut diperpanjang dua kalinya maka luas permukaan kubus yang baru adalah ... cm2.

a.384

b.512

c.64

d.216

e.432

3. Segitiga ABC sama sisi dengan luas 228 cm2, D titik tengah AC, E titik tengah AD, F titik tengah AB. Luas segitiga DEF adalah .... cm2.

a.14,25

b.29,5

c.14,5

d.57,5

e.28,5

4. Perhatikan gambar berikut ini. Perbandingan volume kerucut : volume bola : volume tabung adalah ...

a.1 : 2 : 3

b.1 : 3 : 2

c.1 : 1 : 3

d.1 : 5 : 3

e.1 : 4 : 3

5. Pompa A mampu memompa air dengan debit 80 dan pompa B dengan 100 . Kedua pompa tersebut digunakan secara bersama-sama untuk menguras air sebanyak 72.000 . Setelah lima jam pertama pemakaian ternyata pompa A rusak sedangkan pompa B tetap bisa digunakan hingga selesai. Lama waktu untuk menguras seluruh isi kolam tersebut adalah ... .

a.6

b.9

c.5

d.7

e.8

6. Anton dan Beni berangkat dari kota A menuju kota B mengendarai mobil dengan kecepatan berturut-turut 60 dan 40 . Beni berangkat terlebih dahulu, selang 2 jam kemudian Anton baru berangkat. Beni akan tersusul oleh Anton setelah Beni berkendara selama ... .

a.6

b.10

c.9

d.7

e.8

7. Seorang guru SD hendak mengajar luas persegi panjang dengan memanfaatkan kertas berpetak. Rancangan aktivitas siswa yang paling sesuai dengan panduan berbasis kontruktivisme adalah siswa diminta menggambar persegi panjang dengan luas sebesar ... satuan luas.

a.2

b.5

c.36

d.11

e.47


Pembelajaran 4 Pengukuran
1. Sebuah kubus mempunyai volume 64 cm3. Apabila setiap rusuk kubus tersebut diperpanjang dua kalinya maka luas permukaan kubus yang baru adalah ... cm2.
Select one:

a.384

b.64

c.512

d.432

e.216


2. Pak Ade memiliki dua lahan sawah. Lahan pertama menghasilkan 2,4 ton padi dan lahan kedua menghasilkan 18 kuintal padi. Sebanyak 26 kuintal padi  dari  panen  tersebut  dijual.  Hasil  penen  Pak  Ade  yang  belum  terjual adalah ....

a.1.600

b.3.200

c.2.000

d.6.600

e.1.800

3. Pak  Anton  mempunyai  tiga  potong  kayu,  dua  potong  kayu  mempunyai ukuran panjang yang sama yaitu 3,78 m.  Satu potong yang lain mempunyai ukuran  66  cm  lebih  panjang  dari  ukuran  kayu  yang  lain.  Pak  Anton menyambung ketiga kayu dengan cara menghimpitkan ujung kedua kayu. Panjang setiap ujung kayu dihimpitkan sama. Panjang hasil penyambungan ketiga kayu 11,28 m. panjang setiap ujung kayu yang dihimpitkan adalah ..... dm.

a.1.8

b.7.2

c.8.4

d.3.6

e.2.4

4. Sebuah mobil melaju dengan kecepatan 30 untuk jarak waktu a km dan kemudian dilanjutkan pada jarak 2a km berikutnya melaju dengan kecepatan 40 . Rata-rata kecepatan mobil tersebut adalah... .


a.38,00

b.33,33

c.36,67

d.35,00

e.36,00

5. Anton dan Beni berangkat dari kota A menuju kota B mengendarai mobil dengan kecepatan berturut-turut 60 dan 40 . Beni berangkat terlebih dahulu, selang 2 jam kemudian Anton baru berangkat. Beni akan tersusul oleh Anton setelah Beni berkendara selama ... .
Select one:

a.6

b.10

c.8

d.7

e.9

6. Sebuah gudang penyimpanan beras mempunyai persediaan 1,5 ton beras. keesokan  harinya  sebanyak  7,2  kuintal  beras  dibagikan  kepada masyarakat.  kemudian  untuk  menambah  persediaan  beras,  pengelola membeli lagi 490 kg beras. berapa kuintal persediaan beras dalam gudang sekarang? 


Select one:

a.16.3 kuintal

b.12.1 kuintal

c.12.7 kuintal

d.27.1 kuintal

e.13.6 kuintal

7. Pompa A mampu memompa air dengan debit 80 dan pompa B dengan 100 . Kedua pompa tersebut digunakan secara bersama-sama untuk menguras air sebanyak 72.000 . Setelah lima jam pertama pemakaian ternyata pompa A rusak sedangkan pompa B tetap bisa digunakan hingga selesai. Lama waktu untuk menguras seluruh isi kolam tersebut adalah ... .


a.5

b.8

c.6

d.9

e.7

1. suku ke-9 dan suku ke-10 dari barisan berikut 3, 4, 7, 11, 18, ...

a.76 dan 123.

b.29 dan 47.

c.123 dan 199.

d.47 dan 76. 

e.199 dan 322.


2. Perhatikan pola berikut ini:

Pola ke-1 , 1 = 1

Pola ke-2, 4 = 1 + 3

Pola ke-3, 9 = 1 + 3 + 5

Pola ke-4, 16 = 1 + 3 + 5 + 7

Pola ke-18, m = 1 + 3 + 5 + 7 + … + n.

Nilai m - 2n adalah ….

a.289 

b.394

c.324 

d.355

e.254


3. Perhatikan penyataan di bawah ini

P1 : Jika Firman mengerjakan latihan soal matematika, maka Firman siap untuk ikut tes.

P2: : Jika Firman siap untuk ikut tes, maka Anton akan belajar bersama Firman.

P3 : Anton tidak belajar bersama Firman.

Kesimpulan yang tepat dari pernyataan-pernyataan tersebut adalah …

a.Firman ikut tes.

b.Anton belajar bersama Firman

c.Firman mengerjakan latihan soal matematika.

d.Firman tidak ikut tes. 

e.Firman tidak mengerjakan soal matematika.

 

4. Persamaan garis yang melalui titik (-4, 3) dan (1, -3) adalah ....

Select one:

a.6x-5y=-9

b.6x+5y=9

c.-6x+5y=-9 

d.6x+5y=-9

e.-6x+5y=9


5. Pernyataan yang ekuivalen dengan pernyataan: “Jika X bilangan genap dan Y  bilangan ganjil, maka X+Y bilangan ganjil” adalah …

a.Jika X+Y bilangan genap, maka X bilangan ganjil atau Y bilangan genap

b.Jika X bilangan ganjil atau Y bilangan genap, maka X+Y bilangan genap

c.Jika X+Y bilangan genap, maka X bilangan ganjil dan Y bilangan genap

d.Jika X+Y bilangan genap, maka X bilangan genap atau  Y bilangan genap

e.Jika X bilangan ganjil dan Y bilangan genap, maka X+Y bilangan genap


6. Jumlah suku-suku deret aritmatika yang suku pertamanya 52, suku terakhirnya 158, dan beda 4 adalah ...

a.5.400 

b.5.940

c.5.670

d.5.720 

e.5.460


7.Tujuh tahun yang lalu umur Ibu sama dengan enam kali umur Hani. Tahun depan umur Ibu dua lebihnya dari tiga kali umur Hani. Umur Hani dua tahun yang lalu adalah ... tahun

a.12 

b.14 

c.11 

d.10 

e.13


No comments: