Tuesday, 23 March 2021

MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 7 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1

Materi dan kunci jawaban buku siswa kelas 3 SD tema 7 subtema 1 pembelajaran 1. Pada pembelajaran 1 ini akan mempelajari tentang teknologi pangan dan mengitung luas permukaan bidang menggunakan persegi satuan.

MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 7 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1
MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 7 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 

Beni, Edo, Siti, dan Dayu berkumpul di teras rumah. Ibu Dayu menyediakan roti. Roti adalah makanan  yang terbuat dari tepung. Dayu dan teman-teman menikmati roti buatan Ibu  Dayu. Dayu teringat sebuah lagu tentang roti. Dayu menyanyikannya di depan teman-teman. Lagu  tersebut berjudul “Rotiku”.

Rotiku

Karya: A.T. Mahmud

Rotiku persegi empat

Kulitnya berwarna coklat

Kututup rapat-rapat

Supaya jangan dimakan lalat

Lagu “Rotiku” memiliki pola irama yang berbeda. Pola irama adalah sekelompok bunyi dengan  susunan tertentu. Pola irama muncul secara berulang-ulang  dan teratur dalam sebuah lagu.

Nyanyikanlah lagu “Rotiku”! Kamu akan mendengar pola irama yang berbeda pada setiap bait lagu. Warna yang berbeda pada setiap lirik lagu, menunjukkan pola irama yang berbeda.

Siti menunjukkan sebuah teks bacaan. Isinya tentang teknologi pangan. Tahukah kamu apa arti teknologi pangan? Ayo, kita baca teks bacaan yang ditunjukkan oleh Siti!

Teknologi Pangan

Alam Indonesia sungguh kaya. Kacang kedelai, jagung, dan kelapa adalah hasil pertanian. Telur, daging, dan susu adalah hasil peternakan. Semua itu adalah sumber pangan kita. Pangan artinya makanan. Alam Indonesia menyediakan sumber pangan kita.

Hasil panen dan ternak yang melimpah memberi makanan yang cukup bagi kita. Akan tetapi, hasil pertanian dan peternakan tidak dapat bertahan lama. Makanan itu dapat membusuk. Makanan busuk harus dibuang. Hasil panen harus diolah agar tidak cepat membusuk.

Mengolah hasil panen dilakukan dengan teknologi pangan. teknologi pangan adalah penggunaan ilmu pengetahuan untuk mengolah pangan. Teknologi pangan dapat menghasilkan makanan baru. Teknologi pangan menjaga agar makanan tidak cepat membusuk.

Hasil panen berlimpah dapat diolah menjadi makanan  baru. Kacang kedelai dapat dibuat menjadi tahu, tempe,  dan kecap. Susu sapi dapat diolah menjadi mentega, susu bubuk, dan keju. Teknologi pangan mengolah makanan agar tahan lama. Teknologi pangan sangat bermanfaat bagi kehidupan.

Halaman 7

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks

“Teknologi Pangan”!

1. Apa arti dari pangan?

2. Apakah hasil panen pertanian dan peternakan dapat bertahan lama?

3. Bagaimana cara mengolah hasil panen?

4. Apa saja contoh makanan yang terbuat dari kacang kedelai?

5. Apa manfaat dari teknologi pangan?


Jawaban Halaman 7

1. Arti dari pangan adalah makanan

2. Hasil panen pertanian dan peternakan tidak dapat bertahan lama

3. Cara mengolah hasil panen adalah dengan menggunakan teknologi pangan.

4. Contoh makanan yang terbuat dari kacang kedelai adalah tahu, tempe,  dan kecap

5. Manfaat dari teknologi pangan adalah Teknologi pangan dapat menghasilkan makanan baru dan menjaga agar makanan tidak cepat membusuk.


Ibu Edo sedang membuat tahu. Edo mengajak teman-teman  untuk melihatnya. Semua tertarik dan ingin belajar membuat tahu.

Cara membuat tahu cukup mudah. Pertama, ibu menghaluskan dan merebus kedelai. Hasil rebusan disaring hingga tak  ada ampas. Kemudian, hasil rebusan dimasak lagi hingga menjadi susu kedelai. Setelah diberi cuka dan didinginkan, adonan tahu siap dicetak.


Luas Permukaan Suatu Bidang

Ibu Edo mengukur luas kain untuk menyaring tahu dengan menggunakan satuan tidak baku.

Kain A   Kain B Satuan Luas

Kain menutup seluruh permukaan tahu. Setelah tertutup, kemudian diukur dengan  menggunakan satuan luas maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini:  Kain A Kain B

Edo dan teman-teman menghitung banyak tahu yang menutupi seluruh permukaan kain A dan kain B. Banyak satuan persegi yang  menutup tanpa celah pada suatu tempat menyatakan  luas tempat tersebut

Luas suatu tempat  dinyatakan dengan banyak satuan persegi yang menutup  tempat tersebut tanpa celah

Banyak tahu yang menutupi permukaan kain A ada 8.m Permukaan kain B ditutupi oleh 16 tahu berbentuk persegi. Berapakah luas dari kain A dan kain B? Maka, luas kain A adalah 8 satuan persegi dan luas  kain B adalah 16 satuan persegi.

Halaman 11

Amati gambar-gambar di bawah ini.

Hitunglah luas dari setiap gambar berikut.

A B C D

Luas bidang A adalah ...satuan

Luas bidang B adalah.... satuan

Luas bidang C adalah.... satuan

Luas bidang D adalah.....satuan

Luas yang paling kecil adalah bidang....

Luas yang paling besar adalah bidang......

Bidang  dan  pada gambar memiliki ......luas yang sama.


Jawaban Halaman 11

Untuk menjawab soal di atas silahkan simak video penjelasan di bawah ini



No comments: