Materi dan kunci jawaban buku siswa kelas 3 SD tema 7 subtema 1 pembelajaran 3. Pada pembelajaran 3 ini akan belajar tentang Hari ini, rumah Lani dikunjungi oleh bibi. Udin, Edo, Beni, Dayu, dan Siti juga berkunjung ke rumah Lani.MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 7 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3
Mereka berkumpul di ruang makan. Bibi Lani bekerja di pabrik pengolahan makanan. Bibi menceritakan macam-macam cara mengolah bahan makanan.
Bibi menunjukkan teks bacaan tentang teknologi pangan. Udin, Edo, Beni, Dayu, Siti, dan Lani membaca bersama-sama.
Hasil Teknologi Pangan
Manusia butuh makanan terus-menerus. Bahan makanan yang diperlukan berasal dari hasil panen. Panen terjadi pada waktu tertentu saja. Oleh karena itu, dicarilah cara agar makanan dapat bertahan lebih lama.
Agar makanan selalu tersedia, manusia mulai menggunakan teknologi pangan. Teknologi pangan merupakan suatu cara untuk mengolah bahan makanan. Kacang kedelai dapat diolah menjadi tahu, tempe, dan susu kedelai. Mangga dan stroberi diolah menjadi manisan dan selai. Daging dapat diolah menjadi bakso, sosis, dan kornet.
Teknologi pangan penting untuk menghasilkan jenis makanan baru. Selanjutnya, makanan olahan tersebut disimpan dalam kaleng atau dalam plastik kedap udara. Kedap udara maksudnya adalah tidak dapat dimasuki oleh udara. Proses penyimpanannya dapat membuat makanan lebih awet
Halaman 23
Kelompokkan jenis makanan hasil panen dan makanan hasil teknologi pangan.
Tuliskan hasilnya pada tabel berikut!
No. Hasil Panen No. Hasil Teknologi Pangan
1. Kacang Kedelai 1. Tahu
Amati kalimat yang berwarna merah pada teks “Hasil Teknologi Pangan”. Kalimat tersebut merupakan kalimat utama pada setiap paragraf.
Kumpulan kalimat utama disebut ringkasan! Tuliskan kembali kalimat utama dari setiap paragraf agar dapat terbentuk ringkasan.
Jawaban Halaman 23
No. Hasil Panen No. Hasil Teknologi Pangan
1. Kacang Kedelai 1. Tahu
2. Kacang Kedelai 2. Tempe
3. Kacang kedelai 3. susu kedelai
4. mangga 4. Manisan
5. Stroberi 5. Selai
6. Daging 6. Bakso, sosis, kornet
Amati kalimat yang berwarna merah pada teks “Hasil Teknologi Pangan”. Kalimat tersebut merupakan kalimat utama pada setiap paragraf.
Kumpulan kalimat utama disebut ringkasan! Tuliskan kembali kalimat utama dari setiap paragraf agar dapat terbentuk ringkasan.
Jawaban:
Manusia butuh makanan terus-menerus. Agar makanan selalu tersedia, manusia mulai menggunakan teknologi pangan. Teknologi pangan penting untuk menghasilkan jenis makanan baru.
Bibi Lani membeli tempe di tukang sayur. Warnanya putih dengan kumpulan kedelai di dalamnya. Lani dan teman-teman mengamatinya. Tempe yang dibeli Bibi cukup besar. Udin mengajak teman-teman mengukur luas permukaan bidang tempe. Tempe tersebut berbentuk persegi.
Udin mengukur luas tempe menggunakan potongan segitiga yang terbuat dari daun pisang. Potongan segitiga daun pisang merupakan alat ukur tidak baku
Tempe yang berbentuk persegi, dapat dipotong menjadi bentuk segitiga. Amati bentuk di bawah ini!
berbentuk persegi, dapat dipotong menjadi bentuk segitiga |
Persegi dan segitiga dapat dijadikan alat ukur luas permukaan suatu bidang. Persegi dan segitiga dapat dijadikan alat ukur luas permukaan suatu bidang
2 satuan segitiga= 1 satuan persegi |
Halaman 28.
Hitunglah luas permukaan bidang berikut.
untuk menjawab soal nomor 28 di atas silahkan anda simak penjelasan video di bawah ini
Jawaban halaman 28 ada dalam video ini
No comments:
Post a Comment